SOLOPOS.COM - Unggahan turis Rusia di Instagram yang memperlihatkan tindakan tak senonoh di puncak Gunung Agung Bali, 20 Maret 2023 lalu. (Instagram)

Solopos.com, BADUNG — Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai mendeportasi seorang WNA asal Rusia berinisial IC, 24, pada Selasa (4/4/2023).

Alasan deportasi turis Rusia itu karena yang bersangkutan berfoto tidak senonoh di puncak Gunung Agung.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Bagi masyarakat Bali, Gunung Agung adalah wilayah suci sehingga dilarang bertindak tidak sopan di wilayah itu.

Aksi tidak senonoh turis Rusia IC dilakukan pada Senin (20/3/2023) lalu dan fotonya viral di Twitter.

Dalam foto tersebut IC terlihat berfoto membentangkan tangan di puncak Gunung Agung dalam kondisi celana dipelorotkan ke bawah.

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Sugito menyampaikan unggahan turis Rusia di media sosial tersebut menimbulkan kecaman dari masyarakat Bali.

“Kantor Imigrasi Ngurah Rai bergerak cepat merespons laporan masyarakat dengan menerjunkan tim dari bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) untuk melakukan pengawasan lapangan ke alamat tinggal IC di Canggu. Mendapati IC tidak berada di alamat tersebut, petugas kemudian melakukan pemanggilan untuk datang ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai,” tutur Sugito seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi imigrasi.go.id, Rabu (5/4/2023).

Pada 27 Maret 2023, turis Rusia IC datang ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai untuk menjalani pemeriksaan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui IC baru kali pertama datang ke Indonesia.

Ia tiba pada 12 Februari 2023 melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. IC masuk menggunakan Visa On Arrival (VOA) dan memiliki Izin Tinggal Kunjungan yang habis masa berlaku pada 12 April 2023.

“Imigrasi menghormati proses hukum adat yang berjalan sehingga IC harus menjalani konsekuensi secara adat terlebih dahulu sebelum kemudian diproses secara keimigrasian,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun, unggahan foto yang memperlihatkan warga negara asing melakukan tindakan tidak senonoh di puncak Gunung Agung, Bali, viral di media sosial.

Unggahan dibuat akun Instagram @infobandung dan diunggah kembali oleh akun Twitter ini pada Senin (20/3/2023).

Dalam unggahan, terlihat turis Rusia itu melakukan pose berdiri merentangkan dalam keadaan ia menurunkan celananya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya