SOLOPOS.COM - Gerbang Depan UNS (Istimewa/Google Maps @Toerhthangquor Joyotu)

Solopos.com, SOLO — Menjadi mahasiswa dan memulai kehidupan kampus akan terasa lebih menantang, apalagi jika kalian merantau jauh dari keluarga. Menjalani hidup di kota lain, lingkungan, dan orang-orang baru bisa menjadikan kita pribadi yang lebih kuat mental maupun fisik.

Jika kalian memutuskan untuk kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) di Solo, tidak perlu khawatir.  Sebagai salah satu kampus negeri di Solo, UNS merupakan kampus yang bisa dibilang ramah baik bagi warga lokal maupun anak rantau.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Kalian yang akan atau sedang berkuliah di UNS bisa merasa nyaman dengan fasilitas-fasilitas yang ada di kampus yang terletak di bagian timur Kota Solo ini.

Yuk,  simak beberapa fasilitas di UNS yang akan mempermudah kehidupan kampus kamu berdasarkan penelusuran Solopos.com belum lama ini:

1. ATM Center

UNS memiliki ATM Center bagi mahasiswa dan civitas akademik yang memerlukan transaksi perbankan di area kampus. Makin lengkap karena tersedia berbagai mesin ATM dari berbagai bank di Indonesia. Lokasinya dekat dengan gedung rektorat.

2. POM Bensin atau SPBU

Buat kamu yang menggunakan transportasi mandiri untuk mobilisasi ke kampus, enggakperlu khawatir kalau motor atau mobil yang kamu gunakan kehabisan bahan bakar.  Di Kampu ini terdapat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk mengisi bahan bakar kendaraan kamu. Enggak hanya Pertalite, SPBU yang terletak di area kanan lapangan rektorat ini juga menyediakan Pertamax, hlo.

3. Perpustakaan UNS

Buat yang suka banget baca buku atau mau mencari referensi buat penelitian atau tugas kuliah, kamu wajib dateng ke perpustakaan UNS. Lokasinya ada di belakang gedung rektorat. Cukup serahkan kartu tanda mahasiswa kamu, dan kamu akan mendapat fasilitas loker.

Selanjutnya kamu bisa naik ke lantai yang kamu tuju. Tapi, jangan bicara dengan suara keras ya. Di perpustakaan UNS, suasananya tenang banget, nyaman buat nugas atau baca buku. Pemandangan dari lantai IV juga indah, kamu bakalan betah banget berlama-lama di sana. Tapi jangan bawa kasur atau tidur di sana ya, nanti dimarahi petugas, hehe.

4. Danau UNS

Mau santai sambil melihat panorama langit? Kamu bisa datang ke area danau UNS yang asri. Tenang, enggak ada buaya kok di sini. Buat kamu yang ingin mencari inspirasi, atau sekadar healing sejenak dari padatnya tugas kampus, tempat ini cocok untuk kamu kunjungi. Berlokasi di sebelah kiri lapangan gedung rektorat. Tapi enggak usah berenang di sini, ya.

5. Tempat Ibadah

Seperti tidak salah UNS disebut sebagai Kampus Benteng Pancasila karena kampus ini memiliki tempat-tempat ibadah bagi beragam agama di Indonesia. Di Kampus ini ada masjid, gereja, vihara, pura, hingga klenteng. Lokasinya yang berdampingan menandakan pemeluk agama yang saling hidup rukun di Indonesia.

6. Kantin

Hampir tiap fakultas di UNS memiliki kantin yang punya pesonanya masing-masing. Makanan enak di kantin-kantin ini bahkan populer sampai ke luar kampus, hlo. Kamu mungkin sudah dengar beberapa dari kantin populer yang ada di UNS. Salah satunya adalah Bakso UPT, bakso jupuk dewe atau ambil sendiri ini terletak di dekat UPT UNS tepatnya di kantin Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Rasanya enak, gurih, dan harganya terjangkau bagi mahasiswa. Kamu juga mungkin sudah tidak asing dengan kantin Raos Eco di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Teknik yang terkenal dengan katsunya yang murah dan menunya serba enak. Penyelamat dompet mahasiswa di akhir bulan, pastinya.

Ternyata banyak fasilitas kan di UNS yang akan membuat kehidupan kampusmu semakin mudah dan menyenangkan. Kalau fasilitas favorit kamu di UNS apa nih?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya