SOLOPOS.COM - Ekspresi kegembiraan tiga pemain Timnas Indonesia (dari kiri ke kanan) Asnawi Mangkualam, Eggy Maulana Vikri, dan Witan Sulaiman seusai mengalahkan Tinmas Singapura pada pertandingan Semi Final Leg 2 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021). (Twitter @PSSI)

Solopos.com, JAKARTA — Laga final Piala AFF Indonesia vs Thailand akan digelar malam ini, Rabu (29/12/2021).

Berbeda dengan Polri yang melarang nonton bersama (nonbar), Ketua Satgas Penanggulangan Pandemi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mempersilakan masyarakat menggelar acara tersebut. Namun ia mengimbau agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Menurut dia, wajar jika masyarakat nonbar karena hal ini adalah momen bersejarah. “Ketika ditanya jurnalis apakah boleh nonton bareng Timnas Vs. Thailand, tentu saja jawaban saya boleh. Ini adalah momen bersejarah,” ujar Zubairi dilansir dari akun Twitternya @profesorzubairi, Rabu (29/12/2021).

“Syukurnya positivity rate Indonesia rendah. Di bawah satu persen. Tapi harus tetap menerapkan protokol dan bukan digelar di ruangan tertutup,” lanjutnya.

Selain itu, Zubairi pun menyoroti pihak-pihak yang mencari panggung dengan keberhasilan Timnas Indonesia melaju final Piala AFF. Kata dia, sebaiknya semua pihak menahan diri karena saat ini para pemain dan pecinta bolalah yang jadi aktor utamanya.

“Semoga orang-orang itu bisa menahan diri, tidak gunakan Timnas sebagai ajang cari panggung. Paling enggak sampai Piala AFF kelar. Setelah itu bebas. Mau video call pemain atau pasang baliho bareng Timnas. Bebas,” tuturnya.

Baca Juga: Susunan Pemain Indonesia vs Thailand di Leg I Final Piala AFF 2020 

Sebelumnya, jagat maya ramai mengomentari poster dukungan Ketua PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule pada Timnas Indonesia jelang laga final Piala AFF. Iwan mengunggah poster dukungan Selasa siang (28/12/2021). Di sana terpampang besar wajah Iwan, jelas di depan para pemain Timnas yang nampak semi-transparan.

Dukungan pada Timnas berlimpah sejak awal digelarnya AFF. Dukungan semakin menjadi-jadi seusai Asnawi dan kawan-kawan menang secara dramatis di leg 2 semi-final melawan Singapura. Laga tersebut menjadi laga final AFF keenam bagi Indonesia.

Namun, Pasukan Garuda belum pernah menjuarai kejuaraan sepakbola se Asia Tenggara tersebut. Sementara itu, Thailand merupakan pemenang Piala AFF paling banyak dengan 5 kali menjadi juara.

Laga Final AFF antara Indonesia dan Thailand berlangsung dua leg. Kedua laga Final AFF akan digelar malam ini dan Sabtu (1/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya