SOLOPOS.COM - DAMAI -- Warga Gandekan dengan disaksikan Walikota Joko Widodo membongkar blokade jalan kampung yang sempat dipasang saat terjadi konflik yang melibatkan Ormas di wilayah setempat pekan lalu. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

DAMAI -- Warga Gandekan dengan disaksikan Walikota Joko Widodo membongkar blokade jalan kampung yang sempat dipasang saat terjadi konflik yang melibatkan Ormas di wilayah setempat pekan lalu. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

JAKARTA – Ketua DPP Partai Demokrat Gede Pasek Suardika mengimbau kepada pihak-pihak tertentu untuk tidak mempolitisasi insiden bentrokan antarkelompok yang sempat terjadi di Solo.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Menurutnya biarkan permasalahan itu masuk ke ranah hukum untuk diselesaikan oleh pihak kepolisian. “Jangan dipolitisasi lagi. Ini kan masalah konflik sosial, bukan masalah politik jadi serahkan ke aparat kepolisian untuk mengusut motif di balik kerusuhan di Solo,” ujar Pasek di Jakarta, Selasa (8/5/2012).

Pasek tak mau menduga-duga apakah kerusuhan di Solo ditunggangi oleh pihak tertentu untuk menjatuhkan pihak lainnya. Namun hal itu merupakan tugas dari pihak kepolisian untuk menyelidikan motifnya. “Biarkan saja aparat penegak hukum yang bicara dan yang punya data mengungkapkan ke publik dan penegak hukum,” tegasnya.

Menurut Pasek terlalu jauh bila mengaitkan kerusuhan Solo dengan pencalonan Walikota Solo Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilgub DKI. “Tidak ada kaitannya pencalonan Jokowi dengan kerusuhan Solo. Karena konflik sosial bisa terjadi dimana dan kapan saja,” tegasnya.

Untuk itu, Pasek meminta kepada semua pihak memberi kesempatan kepada kepolisian untuk mengungkap kerusuhan ini. Sehingga tidak ada keraguan lagi dari pihak-pihak yang merasa dirugikan. “Kasihan rakyat yang sudah dijadikan korban dari konflik sosial lalu dijadikan komoditi jualan politik lagi untuk memenuhi hasrat kekuasaan elit. Tidak baik,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo menuding kerusuhan di Solo, Jawa Tengah, didalangi oleh pihak yang mau menyudutkan Joko Widodo yang tengah bertarung sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya