SOLOPOS.COM - Pembentangan bendera sepanjang 250 meter dengan lebar empat meter di kawasan Pantai Batakan Baru, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu (12/8/2023). (ANTARA/Firman)

Solopos.com, TANAH LAUT — Bendera Merah Putih sepanjang 250 meter dengan lebar empat meter dibentangkan di kawasan Pantai Batakan Baru, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu (12/8/2023).

Butuh 120 personel gabungan TNI-Polri untuk membentangkan bendera raksasa tersebut.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

“Alhamdulilah pengibaran bendera berukuran raksasa ini menjadi simbol rasa bangga terhadap semangat kebersamaan dan semangat kemerdekaan,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi yang memimpin pengibaran bendera di Pantai Batakan Baru, Sabtu.

Kapolda menuturkan pengibaran bendera itu menjadi rangkaian memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan pada 17 Agustus 2023 dengan dimotori TNI-Polri sebagai garda terdepan menjaga keutuhan NKRI.

Oleh karena itu, katanya, proses pembentangan yang dilakukan secara bersama-sama dan penuh kekompakan itu menjadi wujud membangkitkan semangat kebangsaan dan persatuan.

Kemudian acara itu menjadi momentum untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kemajuan Indonesia.

“Ini simbol yang menegaskan semangat kemerdekaan harus terus berkobar dalam setiap generasi,” ucap Kapolda seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Jenderal bintang dua itu mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Selatan untuk terus menjaga semangat kemerdekaan dalam membangun daerah yang lebih baik.

“Acara tadi kita awali gowes kemerdekaan sejauh 105 kilometer dari Banjarmasin yang diikuti banyak anak muda agar terus membakar semangat generasi muda dalam memajukan Indonesia ke depan,” ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya