SOLOPOS.COM - Cawapres no urut 3 dan no urut 2 Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka saling tanya jawab dalam debat cawapres, di JCC Senayan, Minggu (21/1/2024).(Istimewa/Tangkapan Layar)

Solopos.com, SOLO — Mahfud Md telah mengumumkan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menkopolhukam) Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (31/1/2024). Lantas, siapakah pengganti Mahfud Md sebagai Menkopolhukam?

Mahfud mengatakan, keputusannya merupakan bagian dari etika yang harus dijaga, mengingat saat ini dia mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Mahfud Md rencananya memberikan surat pengunduran diri tersebut secara langsung kepada Jokowi hari ini, Kamis (1/2/2024). Mengacu pada alasan tersebut, teka-teki siapa pengganti Mahfud Md sebagai Menkopolhukam di Kabinet Jokowi menjadi pertanyaan.

Dikutip dari Antara, Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana, menyampaikan akan menunggu arahan dari Presiden Jokowi terlebih dahulu.

“Ketika bapak presiden memberikan persetujuan tentu ada keppres-nya juga untuk pemberhentian. Dan selanjutnya menunggu arahan presiden mengenai pengisian posisi Menkopolhukam,” kata Ari di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Namun yang perlu diketahui, penunjukan Menkopolhukam yang baru akan dilaksanakan secepatnya, alias tidak menunggu hasil Pemilu 2024.

Sementara itu, baru-baru ini muncul rumor bahwa Gibran Rakabuming Raka akan menjadi sosok yang berpotensi menggantikan Mahfud Md sebagai Menkopolhukam. Wacana tersebut berkembang dalam lini masa di X.

Namun hingga kini, belum diketahui siapa yang layak dan akan dipilih Jokowi untuk mengisi kursi Menkopolhukam tersebut.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Misteri Sosok Pengganti Mahfud MD sebagai Menkopolhukam, Gibran?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya