SOLOPOS.COM - Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, bersama bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo, di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Jumat (25/8/2023). (Solopos.com-Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG — Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan partainya masih mempertimbangkan lima nama bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

“Kan masih lima nama yang sekarang sedang kami pertimbangkan,” kata Puan di sela menghadiri acara “Final Lomba Nasi Goreng Khas Mbak Ita” di Lapangan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (26/8/2023) seperti dilansir Antara.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Menurut dia, lima nama bakal cawapres tersebut masih belum mengerucut karena masih dalam pertimbangan, apalagi bisa saja muncul nama baru bakal cawapres dalam daftar PDI Perjuangan.

“Jadi, ya lihat saja nanti pada waktunya apakah nama-nama dari lima nama itu yang akan kami pilih atau kemudian akan ada tambahan nama lagi yang nantinya muncul dalam list PDI Perjuangan,” katanya.

Yang jelas, tambah Puan, sampai saat ini masih lima nama bakal cawapres yang sedang digodok untuk memastikan figur yang pas mendampingi Ganjar sebagai bakal capres yang diusung partai berlambang banteng tersebut.

“Masih lima nama, kami pertimbangkan dulu bagaimana baiknya ke depan,” pungkasnya.

Sebelumnya, lima nama bakal cawapres untuk Ganjar sempat disebut Puan saat puncak perayaan Hari Lahir (Harlah) ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa di Stadion Manahan Solo, Jateng, Minggu, 24 Juli 2023.

Lima nama itu adalah Sandiaga Salahudin Uno, Erick Thohir, Andika Perkasa, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Muhaimin Iskandar.

Ganjar Pranowo merupakan bakal calon presiden yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara, PKB, Partai Amanat Nasional, Golkar, bersama Partai Gerindra membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal capres.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Di sisi lain, Puan Maharani, enggan memberikan tanggapan terkait kabar pecahnya suara dukungan dari organisasi relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebagian organisasi relawan Jokowi telah mendeklarasikan dukungan ke Prabowo Subianto sebagai capres, dan sebagian memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo selaku capres dari PDIP, partai politik yang mengantarkan Jokowi sebagai presiden.

Ditanya wartawan seusai acara Apel Siaga Pemenangan PDIP dan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 di Stadion Jatidiri, Kota Semarang, Jumat (25/8/2023) malam, Puan menanggapi santai kabar suara relawan Jokowi yang pecah. Ia justru meminta awak media langsung bertanya atau meminta tanggapan kepada Presiden Jokowi.

“Ya ditanya ke Pak Jokowi [terkait relawan]. Relawan Pak Jokowi kan mendukung Pak Jokowi,” ujar Puan.

Sejumlah organisasi pendukung Jokowi memang telah memutuskan untuk memberikan suaranya kepada Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 nanti. Meskipun Prabowo Subianto berasal dari Partai Gerindra, atau bukan partai yang sama dengan Jokowi.

Para relawan Jokowi ini memberikan dukungan ke Prabowo karena sosoknya yang dianggap sebagai pemersatu. Hal itu dibuktikan dengan sikap Prabowo yang rela menjadi menteri Kabinet Jokowi, meski sebelumnya terlibat kompetisi pada Pilpres 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya