SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Port-Au-Prince–Perdana Menteri Jean-Max Bellerive, Rabu (3/2) menyatakan lebih dari 200.000 orang tewas dalam gempa bumi dahsyat 12 Januari yang menghantam Haiti.

Bellerive mengatakan, 300.000 orang lainnya cedera dalam bencana tersebut, termasuk 4.000 yang diamputasi bagian-bagian tubuhnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebelumnya pemerintah Haiti memperkirakan antara 150,000-200.000 warganya tewas dalam gempa yang menghancurkan sejumlah gedung dan fasilitas-fasilitas umum lain, termasuk gedung Perwakilan Perserikatan Bangsa Bangsa di ibu kota negara itu.

Pertemuan tingkat menteri luar negeri antara Brasil dan Uni Eropa (EU) di Madrid pertengahan bulan ini akan membahas rekonstruksi Haiti yang hancur akibat gempa, masalah Iran dan perdamaian Timur Tengah, kata Kementerian Luar Negeri Brasil, Rabu.

Pertemuan yang diadakan pada 15 Februari itu akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Brasil Celso Amorim, kata kementerian tersebut.

Uni Eropa saat ini berada di bawah kepresidenan Spanyol. Negosiasi mengenai perjanjian antara blok perdagangan Amerika Selatan Mercosur dan EU akan dibahas pada pertemuan itu, demikian juga perubahan iklim dan pertemuan puncak mendatang EU-Amerika Latin yang akan diadakan di Madrid pada Mei.

Sekjen PBB Ban Ki-moon yang menyatakan prihatin mengucapkan belasungkawa kepada pemerintah dan keluarga korban, serta menyerukan bantuan bagi korban Haiti.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya