SOLOPOS.COM - Aneka motif batik Keris-Disney yaitu kain batik dengan motif karakter kartun Disney. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Salah satu motif batik Keris-Disney yang merupakan kerja sama antara Batik Keris Solo dengan The Walt Disney Company, AS. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

SOLO — Semakin luas saja rambahan kreasi batik. Kini para penggemar karakter kartun Walt Disney bisa mengenakan batik bermotif karakter kartun favorit mereka, setelah Batik Keris resmi berkolaborasi dengan The Walt Disney Company untuk mengeluarkan produk batik kombinasi, dengan trade mark Keris-Disney.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Keris-Disney adalah batik yang mengombinasikan motif batik dengan karakter Mickey Mouse & Friends. Terobosan dua perusahaan besar ini diwujudkan dalam koleksi busana untuk anak-anak, remaja hingga dewasa. Merchandiser Divisi Pengadaan Barang PT Batik Keris, Heri Santoso mengatakan untuk saat ini produk Keris-Disney fokus pada pengembangan produk anak-anak. “Salah satu tujuannya agar batik lebih dekat dengan generasi anak-anak,” kata Heri kepada wartawan di The Sunan Hotel Solo, Jumat (10/8/2012).

Heri mengatakan kerja sama Batik Keris dengan Disney ini membutuhkan proses yang cukup lama sekitar dua tahunan. September 2011, kerja sama Batik Keris dan The Walt Disney Company terealisasi. Sejak Mei 2012, produk Keris-Disney sudah bisa ditemui di toko-toko Batik Keris. Di PT Batik Keris sendiri, produk anak-anak menguasai share sekitar 25% dari total produksi batik di Batik Keris.

Saat ini, produk anak-anak tersedia dalam bentuk kemeja, gaun dan T-Shirt dengan proses printing. Ke depan, produk Keris-Disney juga akan dikembangkan untuk produk dewasa hingga ke produk cenderamata. “Untuk dewasa, saat ini kami baru menyediakan dalam bentuk bahan berukuran dua hingga tiga meter, serta T-Shirt,” tambah Komisaris Utama PT Batik Keris, Lina Handianto.

Aneka motif batik Keris-Disney yaitu kain batik dengan motif karakter kartun Disney. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Lina juga mengatakan, dikembangkannya Keris-Disney ini bertujuan agar produk batik tidak hanya diterima kalangan dewasa tetapi juga anak-anak. Keris-Disney pun hadir dengan warna yang lebih modern. 100% desain Keris-Disney dibuat oleh Batik Keris. Sementara, untuk kombinasi dengan karakter Disney, pihaknya rutin berkonsultasi dengan perwakilan Walt Disney di Indonesia.

Harga produk Keris-Disney bervariasi tergantung bahan yang digunakan. Rp90.000 untuk baju garmen dan kaus, hingga Rp500.000 untuk batik kombinasi, bahkan di atas Rp2 juta untuk bahan khusus seperti sutra. Dia mengungkapkan pula, selain mengembangkan produk Keris-Disney, perusahaan yang sudah berkembang menjadi industri tekstil ini juga tengah menuju industri ritel. Saat ini, toko Batik Keris sudah ada 97 toko tersebar di Indonesia. “Setelah 97 toko itu, kami berencana membuka toko lain yang arahnya ke luar Pulau Jawa, seperti Pekanbaru, Medan dan Palembang. Tahun ini kami ingin punya 100 toko,” imbuh Lina.

Produk Keris-Disney, juga akan mengarah ke pasar ekspor. Tapi, sejauh ini masih menyesuaikan permintaan. Secara umum, ekspor Batik Keris baru ke Amerika Serikat (AS) dan Singapura. “Produk ekspor Keris Batik masih menyesuaikan permintaan dari pasar.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya