SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat terbang milik maskapai Batik Air (JIBI/Solopos/Dok)

Ilustrasi Batik Air (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Maskapai penerbangan Batik Air dikabarkan bakal segera membuka penerbangan ke Solo. General Manager (GM) PT Angkasa Pura Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman, menyampaikan rencana tersebut sudah disampaikan sendiri oleh pihak Batik Air meski baru secara informal.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Masih ada yang kurang, apanya saya kurang tahu. Tapi rencananya Batik Air ini akan ambil rute Jakarta,” kata Abdullah, kepada Solopos.com, Rabu (27/2/2013).

Dia menjelaskan, dalam waktu dekat ini maskapai tersebut siap membuka penerbangan perdana di lima rute. “Nah, rencananya Solo setelah realisasi lima rute itu.” Pihaknya berharap maskapai yang pernah mempunyai rencana membuka atau menambah frekuensi penerbangan dari Solo bisa segera direalisasikan.

Dia menjelaskan, beberapa maskapai yang akan menambah rute penerbangan dari Solo di antaranya  Citilink. “Kami arahkan tidak lagi ke Balikpapan, tapi rute lain seperti Makassar.”

Selain itu, pihaknya juga berharap bisa menarik satu maskapai baru untuk mengisi rute eks Batavia Air.

“Karena kemarin target kami adalah Citilink. Tapi ternyata dari Dirjen Perhubungan Udara tidak memberi jatah ke Solo, melainkan Jogja.”

Abdullah melanjutkan, dengan rencana penambahan frekuensi penerbangan ini maka volume penumpang pesawat via Bandara Adi Soemarmo Solo tahun ini bisa meningkat. Jika tahun lalu rata-rata 1.800 orang atau penumpang per hari, tahun ini diharapkan bisa tercapai 2.000 orang per hari. Pihaknya optimistis karena tahun ini penerbangan kelas low cost carrier (LCC) mulai booming.
Sejumlah perusahaan maskapai terus ekspansi menambah pesawat dan membuka rute baru. “Paling tidak Solo bisa tambah lagi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya