SOLOPOS.COM - Menteri Agama Fachrul Razi (Antara/Abriawan Abhe)

Solopos.com, SOLO -- Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyarankan masyarakat tidak menerima tamu terlebih dahulu saat Lebaran. Dia khawatir masih banyak orang tanpa gejala (OTG) yang tidak terdeteksi.

"Menyarankan supaya berlebaran di rumah saja bersama keluarga inti, tidak usah ke mana-mana, dan juga tidak usah menerima tamu. Karena kembali, kita tidak jelas tamu yang datang mungkin membawa virus karena memang banyak sekarang orang tanpa gejala [OTG]," kata Fachrul melalui siaran langsung di Youtube BNPB, Kamis (21/5/2020), seperi dikutip Detik.com.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Fachrul mengimbau masyarakat untuk silaturahmi secara online. Menurut dia, silaturahmi bukan perkara bertemu secara fisik tapi soal kedekatan batin.

Sebentar Lagi Lebaran, Simak Kata Ustaz Soal Silaturahmi saat Pandemi Covid-19

Silaturahmi disarankan melalui media sosial (medsos). "Silaturahmi dapat kita lakukan dengan melalui medsos saja, banyak medsos yang tersedia sekarang contoh melalui HP [handphone] pun bisa. Karena memang bermaafan silaturahmi tidak harus ketemu fisik," ungkap Fachrul.

Patuhi Protokol Kesehatan

Meski merayakan Lebaran di rumah bersama keluarga, Menag mengajak semuanya tetap mematuhi protokol kesehatan.

Cara Warga Klaten Kelabuhi Sipir LP, Narkoba Dilakban & Dimasukkan Leher Ayam

"Perlu saya garisbawahi supaya betul-betul dalam situasi itu kita menaati benar protokol kesehatan meskipun kita beribadah di rumah saja kemudian bersilaturahmi via medsos tetapi ketentuan-ketentuan protokol kesehatan tetap wajib kita lakukan dengan sebaik-baiknya," jelas dia.

Menag menyampaikan sejumlah pesan menyambut Lebaran 2020 di tengah pandemi virus corona. Di antaranya bahwa mudik tetap dilarang dan salat Id dilaksanakan di rumah.

Setelah Solo dan Sekitarnya, Kini Dentuman Misterius Terdengar di Bandung

Menag berpesan tujuh hal yang diharapkan menjadi pegangan umat muslim saat merayakan Lebaran. Tujuh hal itu, yang pertama Covid-19 tidak boleh mengurangi kegembiraan merayakan kemenangan dan kedua masyarakat jangan mudik.

Selanjutnya, ketiga takbiran dilakukan dari rumah saja dan masjid serta musala menggaungkan takbir melalui loud speaker.

“Kemudian salat Id di rumah sehingga akhirnya tidak ditinggalkan bisa kita lakukan bersama keluarga inti. Lebaran di rumah saja silaturahmi kita lakukan via media sosial, kemudian taati betul protokol kesehatan," tegas Fachrul.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Bersahabat, Prakiraan Cuaca Wonogiri Cerah Berawan Tanpa Hujan pada Rabu 1 Mei

Bersahabat, Prakiraan Cuaca Wonogiri Cerah Berawan Tanpa Hujan pada Rabu 1 Mei
author
Suharsih , 
Suharsih Rabu, 1 Mei 2024 - 05:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Cuaca cerah berawan di kawasan wisata WGM Wonogiri. (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI Cuaca Wonogiri bakal bersahabat pada hari ini, Rabu (1/5/2024), menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Langit bakal cerah berawan pada pagi hingga menjelang siang dan tidak ada prediksi hujan.

Namun di sisi lain, suhu udara bakal panas dan gerah dengan suhu terendah, menurut informasi di laman resmi BMKG yakni 23 derajat Celsius pada pagi menjelang Subuh, sedangkan suhu tertinggi mencapai 33 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Pergerakan angin terpantau dari tenggara dan timur sepanjang hari dengan kecepatan 10-20 km/jam. Prakiraan cuaca BMKG dilaporkan melalui laman resminya setiap hari dengan pembaruan setiap tiga jam diawali pada pukul 01.00 WIB.

Prakiraan cuaca Wonogiri berawan pada dini hari itu dengan suhu udara 25 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara tinggi mencapai 90% dan angin terpantau dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Cuaca juga berawan pada pukul 04.00 WIB. Suhu udara turun ke titik terendah yakni 23 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara bertahan di angka 90%. Angin masih dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Bergeser ke pagi hari pukul 07.00 WIB, cuaca berubah cerah berawan. Suhu udara naik ke angka 28 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun jadi 80%. Angin belum berubah arah dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Langit masih cerah berawan menjelang siang pukul 10.00 WIB. Suhu udara naik ke angka 31 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 65%. Angin juga dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Emagazine Solopos

Wonogiri kembali berawan pada prakiraan cuaca siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke angka tertinggi yakni 33 derajat Celsius sedangkan tingkat kelembapan udara turun jadi 60%. Angin berubah arah dari tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Berlanjut ke sore hari pukul 16.00 WIB, cuaca lanjut berawan dengan suhu udara turun jadi 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik ke angka 75%. Angin dari tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Malam hari pukul 19.00 WIB, langit masih mendung dengan suhu udara turun jadi 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 80%. Angin dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pada pukul 22.00 WIB, cuaca cerah berawan dengan suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 85%. Angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

29.786 Peserta Ikuti UTBK 2024 di UNS Solo

29.786 Peserta Ikuti UTBK 2024 di UNS Solo
author
Chelin Indra Sushmita Rabu, 1 Mei 2024 - 04:01 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pelaksanaan UTBK hari pertama di UPT TIK UNS Solo, Selasa (30/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 29.786 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang berlokasi di UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

UNS Solo merupakan salah satu dari 74 Pusat UTBK di Indonesia. UTBK ini digelar serentak secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Ketua Pusat UTBK UNS sekaligus Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Ahmad Yunus mengatakan bahwa UNS saat ini menyelenggarakan UTBK di 14 lokasi yang tersebar di kampus-kampus UNS, termasuk di Kampus Mesen dan di Kampus Pabelan.

“Kami bertugas menyelenggarakan ujian sebanyak 14 sesi di Gelombang I dan 14 sesi di Gelombang II. Total kapasitas ruang ujian kami sebanyak 1.125 peserta per sesi, termasuk di antaranya ada ruang khusus untuk peserta dengan kebutuhan khusus,” kata Yunus dalam keterangan tertulis, Selasa (30/4/2024). 

Koran Solopos

Sesuai jadwal, UTBK Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) akan diselenggarakan dalam dua gelombang yaitu gelombang 1 yang digelar pada 30 April dan 2-7 Mei 2024 serta gelombang 2 yang akan diselenggarakan pada 14-20 Mei 2024. Pelaksanaan UTBK SNBT 2024 di UNS dibagi menjadi dua sesi setiap hari. 

Sesi pagi dimulai dari pukul 06.45 WIB hingga 10.30 WIB. Sementara itu sesi siang diawali pukul 12.30 WIB hingga 16.15 WIB (kecuali hari Jumat, pukul 13.15 WIB hingga 17.00 WIB). Adapun Materi ujian UTBK tahun ini meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris dan penalaran Matematika. 

Ditemui di sela-sela melakukan monitoring pelaksanaan UTBK pada hari pertama Selasa (30/4/2024), Plt. Rektor UNS, Chatarina Muliana, mengatakan fasilitas ruang ujian yang disediakan oleh panitia sudah sangat memadai, sehingga peserta dapat nyaman dalam mengerjakan soal-soal UTBK. “Panitia juga sudah menyiapkan komputer cadangan di setiap ruang ujian,” terang dia.

Emagazine Solopos

Chatarina berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak tergiur dengan oknum yang menjanjikan diterima pada program studi tertentu dengan membayar sejumlah uang. Dia mengatakan UTBK SNBT dilaksanakan dengan akuntabel dan transparan.

“Jangan percaya kalau ada yang mengiming-imingi dengan membayar sejumlah uang lalu diterima. Kami berharap semua peserta UTBK tidak percaya dengan tawaran tersebut dan melakukan proses UTBK sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku,” kata dia.

Untuk mengantisipasi perjokian, panitia UTBK di UNS memastikan peserta yang mengikuti UTBK sesuai dengan foto kartu peserta. Chatarina berharap pelaksanaan UTBK SNBT tahun 2024 di UNS baik gelombang 1 maupun gelombang 2 dapat berjalan lancar. “Saya berharap semoga UTBK lancar, tidak ada gangguan sampai gelombang 2 nanti,” pungkasnya.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Sah! Arab Saudi Larang Haji & Umrah Backpacker

Sah! Arab Saudi Larang Haji & Umrah Backpacker
author
Newswire , 
Chelin Indra Sushmita Rabu, 1 Mei 2024 - 03:10 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi menjalankan ibadah haji. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Agama bersama dengan pemerintah Arab Saudi secara resmi melarang pelaksanaan ibadah Haji dan umrah dengan visa wisata atau belakangan disebut dengan backpacker.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq Bin Fawzan Al Rabiah, menegaskan pihaknya melarang umrah backpacker yang belakangan muncul dalam tren media sosial. Fenomena tersebut justru disayangkan terjadi karena dinilai melanggar aturan yang berlaku dari pihak Kerajaan Arab Saudi.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“Setiap visa umrah semestinya sudah ada pelayanannya di sana, jadi tidak mungkin bisa melakukan ibadah umrah tanpa ada pihak yang memberikan pelayanan disana. Semestinya, tidak ada [umrah backpacker] karena memang semua yang mengeluarkan visa umrah itu memberikan pelayanan,” kata Menteri Haji dan Umrah dalam konferensi pers, Selasa (30/4/2024).

Koran Solopos

Pihaknya menambahkan bahwa penggunaan visa selain haji atau umrah yang dilakukan secara non-prosedural, maka akan dikenakan sanksi oleh pemerintah Arab Saudi.

“Oleh sebab itu, kami mengimbau untuk tidak tergiur menggunakan cara yang non-prosedural. Semua harus berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi akan bertemu dengan penyedia travel dan pengarah haji untuk melakukan koordinasi mengenai pelayanan untuk jamaah haji atau umrah Indonesia.

Emagazine Solopos

Sementara itu, Kementerian Agama juga merencanakan untuk menyusun serangkaian sanksi kepada travel atau penyelenggara ibadah haji dan umrah yang menyalahi aturan.

“Akan ada tindakan tegas kepada pihak-pihak travel yang melanggar aturan, yang memberi sanksi pihak pemerintah indonesia. Masih di formulasi,” kata Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories