SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO–Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dipastikan memberikan  Beasiswa Bidikmisi kepada 1.320 mahasiswa baru (maru). Sementara itu, sebanyak 30 maru lainnya dipastikan gugur dalam seleksi Beasiswa Bidikmisi 2013.

Kepala Biro Kemahasiswaan (Mawa) UNS, Hermawan, saat dihubungi Solopos.com, Senin (26/8/2013), petang mengatakan seluruh maru yang mendapatkan Beasiswa Bidikmisi berasal dari jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN dan UMB-PT.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Namun, pihaknya belum bisa memperinci berapa jumlah maru penerima Beasiswa Bidikmisi jenjang S1 dan D3. Hermawan melanjutkan, sebanyk 30 maru lainnya dinyatakan gugur dalam seleksi Beasiswa Bidikmisi 2013. Gugurnya 30 maru karena kondisi ekonomi orangtua dan kelengkapan berkas yang tidak mendukung saat dilakukan kunjungan rumah (home visit).

“Selain itu, ada pula maru yang mengajukan Beasiswa Bidikmisi tetapi berkasnya kurang lengkap. Akibatnya, mereka gagal lolos. Dipastikan tidak ada lagi tambahan maru lain yang gugur dalam seleksi Beasiswa Bidikmisi 2013,” terangnya.

Data seluruh maru yang diterima, ujar Hermawan, akan dikirim secara online kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Selasa (27/8/2013). Disinggung tentang mekanisme dan jadwal pengumuman penerima Beasiswa Bidikmisi, Hermawan belum bisa memberikan kepastian.

Sebelumnya, sempat terlontar wacana Beasiswa Bidikmisi diumumkan pada Selasa.
Ditemui wartawan di Gedung Rektorat UNS, Senin siang, Pembantu Rektor (PR) I UNS, Sutarno mengungkapkan sebanyak 1.234 kursi disediakan untuk maru yang mendaftar Beasiswa Bidikmisi dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sebanyak 86 kursi lainnya disediakan bagi maru yang mendaftar Beasiswa Bidikmisi setelah pengumuman ujian dilaksanakan.

Total seluruh kuota sebanyak 1.320 kursi. Kuota di itu sekaligus meralat pernyataan sebelumnya yang menyebutkan UNS menerima kuota Beasiswa Bidikmisi sebanyak 1.324 kursi.

Sementara itu, PR III UNS, Dwi Tiyanto, mengatakan, usai data 1.320 maru dikirimkan ke Dikti, Selasa, pihaknya akan segera mengumumkan secara online maupun tertulis. “Kami usahakan Selasa sudah bisa pengumuman sudah bisa dilihat baik secara tertulis di Gedung Mawa UNS atau online melalui laman resmi uns.ac.id,” ujarnya singkat saat ditemui wartawan di Gedung Rektorat UNS, Selasa siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya