SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–PT Pertamina (Persero) mulai hari ini kembali menurunkan harga pertamax di Jakarta Rp 500 menjadi Rp 8.400 per liter. Langkah tersebut dilakukan agar tak kalah murah dengan SPBU asing.

Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi mengatakan, Pertamina kembali menurunkan harga pertamax CS karena persaingan bisnis, sebab sebelumnya harga pertamax lebih mahal dari bensin yang dijual SPBU asing.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

“Ini persaingan bisnis dan harga, dan itu kan masalah pricing policy dan penguasaan pasar,” tutur Eri, Rabu (1/6/2011).

Memang sebelumnya, harga pertamax masih Rp 8.900 per liter jauh di atas bensin sekelas pertamax yang dijual Shell yang senilai Rp 8.450 per liter. Hal itu memicu konsumen beralih dari BBM non subsidi jualan Pertamina.

“Jadi penurunan harga ini masalah penguasaan pasar. Kami tidak ada masalah. Kita kalau harga naik ya cari untung, kalau turun kita nggak nebus,” kata Eri.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication Pertamina M. Harun mengatakan Pertamina saat ini menetapkan sistem harga yang berbeda, sistem harga baru disebut sistem kluster.

“Jadi saat ini, harga di Jakarta berbeda dengan harga di wilayah Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Dulu kan wilayah Jabodetabek masuk wilayah III, sekarang dipisah,” tuturnya.

Harun mengatakan, untuk di luar Jakarta, harga pertamax adalah Rp 8.600 per liter.

“Selain model klustering ini, Pertamina juga akan melakukan percepatan perubahan harga pertamax. Jadi biasanya setiap dua minggu sekali. Kali ini jika dalam 5 hari harga minyak berubah signifikan, maka kita bisa merubah harga pertamax,” tutur Harun.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya