SOLOPOS.COM - Penampakan buaya di Sungai Desa Bangket Parak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah setelah hujan lebat, Rabu (28/12/2022). (Antara)

Solopos.com, LOMBOK TENGAH – Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat mengidentifikasi video penampakan buaya dengan panjang sekitar empat meter yang diduga berada di Sungai Desa Bangket Parak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Bidang Humas Polda NTB Komisaris Besar Polisi Artanto di Mataram, Rabu (28/12/2022), mengatakan kepolisian mengidentifikasi video tersebut untuk memastikan keberadaan buaya yang tampak dengan kulit punggung berwarna hitam itu.

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

“Sejauh ini, penampakan buaya dalam video tersebut sedang kami koordinasikan dengan Polres Lombok Tengah. Apabila itu benar, kami akan mengajak para pihak yang punya keahlian dalam menangani hal ini untuk bisa segera mengambil langkah-langkah penanggulangan,” kata dia seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Kerusakan Pesanggrahan Langenharjo Sukoharjo Semakin Parah

Upaya tersebut, tegas dia, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang dapat merugikan masyarakat.

Apalagi di tengah cuaca ekstrem yang berpotensi terjadinya hujan lebat dan banjir.

Menurut dia, cuaca ekstrem ini bisa membuat buaya tersebut bergerak lebih leluasa hingga masuk ke permukiman warga.

“Jadi, kami sarankan kepada masyarakat agar menginformasikan kepada kami apabila menemukan keberadaan buaya itu agar segera ditindaklanjuti,” ucapnya.

Baca Juga: Kapok! 2 Remaja Pembobol Ruang Guru SDN 2 Sendang Wonogiri Ditangkap Polisi

Dalam video berdurasi 55 detik terdengar suara sejumlah warga yang merekam aktivitas buaya tersebut dengan karakter bahasa Suku Sasak, Lombok.

Video itu viral setelah beredar luas di media sosial pada Senin (26/12/2022).

Banyak yang menyebut buaya itu berada di Sungai Desa Bangket Parak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, dan muncul pascahujan lebat yang terjadi dalam dua hari berturut-turut pada akhir pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya