SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Medan (Solopos.com)–Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, menyerahkan bantuan senilai Rp 300 juta bagi korban banjir di Medan.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolik kepada Walikota Medan, Rahudman Harahap di ruang VIP Bandara Polonia Medan, Sabtu (2/4/2011).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam kesempatan tersebut, Agung Laksono mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, terutama jalur hijau, untuk segera pindah ke lokasi yang lebih aman. Tetapi pemerintah daerah juga harus menyediakan lokasi baru yang lebih aman.

“Warga jangan menebang pohon yang tumbuh di pinggir sungai secara sembarangan. Tidak hanya berfungsi resapan air, pohon juga efektif sebagai tanggul alami,” kata Agung.

Agung Laksono juga menghimbau Pemko Medan untuk segera melakukan perawatan dan pengawasan terhadap sungai yang melintasi Kota Medan.

“Pemko Medan harus segera melakukan pengerukan jika pendangkalan salah satu penyebab banjir. Kemudian melakukan pemantauan secara rutin tiap beberapa bulan sekali,” kata Agung.

Sementara Walikota Medan, Rahudman Harahap mengatakan, banjir di Medan telah surut sejak Sabtu pagi dan warga mulai membersihkan rumahnya dari lumpur.

“Pemko Medan akan mengajukan rencana anggaran untuk perawatan sungai. Langkah utama yang nantinya ditempuh adalah pengerukan sungai,” kata Rahudman.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya