SOLOPOS.COM - Kondisi banjir Jakarta di seputaran Patung Kuda, Senin (9/2/2015). (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Banjir Jakarta selalu terjadi tiap tahun. Kali ini, Pemprov DKI Jakarta mengklaim siap menghadapi.

Solopos.com, JAKARTA — Pemprov DKI Jakarta menyatakan siap menghadapi, mengantisipasi, dan menanganani banjir yang akan terjadi bulan depan. Seiring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi musim penghujan akan terjadi pada Desember.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Jakarta sangat siap menghadapi banjir,” tutur Djarot Saiful Hidayat, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Saat hujan dengan intensitas sedang terjadi pada Senin (2/11/2015) malam, Pemprov DKI sudah dapat memetakan titik-titik banjir akan terjadi dimana saja. Berdasarkan peta itu, Dinas Tata Air DKI Jakarta saat ini sedang mempercepat perbaikan dan pembenahan saluran-saluran air baik di pinggir jalan maupun dalam permukiman warga.

“Sekarang pun, dengan kejadian hujan kemarin, kita sudah bisa petakan di titik-titik mana saja yang akan terjadi banjir, sehingga kita benahi saluran-saluran air,” ujarnya.

Menurutnya yang paling sulit adalah pembenahan saluran air di kampung-kampung dan di jalan-jalan. “Tetapi kita sudah keruk semua. Sudah kita angkat semua [sedimen]),” ujarnya.

Selain melakukan pengerukan saluran air, Pemprov DKI juga telah melakukan kegiatan menyeluruh dalam upaya penanganan banjir di Jakarta, seperti melakukan pengerukan situ, embung, waduk dan sungai.Kemudian, pihaknya juga melakukan perbaikan pompa-pompa yang rusak, sebagai persiapan untuk mengalirkan air saat musim penghujan terjadi, melalui Kanal Banjir Timur (KBT) dan Kanal Banjir Barat (KBB) guna mempercepat air surut.

“Persiapan banjir sudah kita lakukan menyeluruh. Kita berharap sampai musim penghujan, bisa cepat menangani banjir, sehingga kejadian banjir di tahun lalu tidak terulang lagi,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya