SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BOJONEGORO- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Jatim, memberlakukan siaga I, dalam menghadapi banjir Bengawan Solo dengan ketinggian air di Bojonegoro, mencapai 13,57 meter, Senin (6/2/2012) pukul 07.00 WIB.

“Naiknya air Bengawan Solo di Bojonegoro ini, akibat konstribusi hujan lokal, tapi air sudah mulai menurun, dibandingkan sebelumnya, ” kata Kasi Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro, Sutardjo, Senin (6/2/2012).

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Sebelum itu, ketinggian air Bengawan Solo di Bojonegoro, Senin pukul 03.00 WIB, sempat mencapai 12,72 meter, sebelum akhirnya berangsur-angsur surut. Menurut dia, ketinggian air di Karangnongko, Kecamatan Ngraho, sekitar 70 kilometer, juga menunjukkan kecenderungan menurun.

Ketinggian air tertinggi di daerah hulu Kota Bojonegoro itu, mencapai 26,00 meter pukul 06.00 WIB, sehari sebelumnya sempat mencapai ketinggian 27,11 meter. “Kewaspadaan menghadapi luapan Bengawan Solo tetap kita lakukan hingga Maret, ” katanya, menjelaskan.

Ia mengatakan, dengan naiknya kembali air Bengawan Solo di daerah hilir, luapannya merendam daerah rendah di sepanjang Bengawan Solo di daerah setempat, tidak sampai meluap di pemukiman warga dan merusak areal pertanian.”Sejauh ini, tidak ada laporan yang masuk ada kerusakan tanaman padi, ” katanya, menambahkan.

Secara terpisah, petugas posko di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Sudjito, menambahkan, diperkirakan ketinggian air sungai terpanjang di Jawa di Bojonegoro, akan semakin menurun.

Sebab, lanjutnya, Bengawan Solo di daerah hulu Jateng dan Ngawi, tidak ada laporan terjadi banjir. Namun, ketinggian air Bengawan Solo di daerah hilir Bojonegoro, dalam beberapa hari ini, masih akan terus merangkak naik.”Air di Bojonegoro turun, sebaliknya air di daerah Lamongan masih naik, ” katanya, menjelaskan. Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya