SOLOPOS.COM - RUTE BARU -- Sebuah pesawat Garuda Indonesia tengah parkir di apron Bandara Internasional Adi Soemarmo, beberapa waktu lalu. Saat ini tengah dilakukan penjajakan pembukaan rute baru Solo-Denpasar. (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO – Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) mewacanakan pada bulan April tahun ini rute penerbangan Solo-Denpasar segera dibuka. Pembukaan rute itu, disampaikan Jokowi akan dilakukan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

RUTE BARU -- Sebuah pesawat Garuda Indonesia tengah parkir di apron Bandara Internasional Adi Soemarmo, beberapa waktu lalu. Saat ini tengah dilakukan penjajakan pembukaan rute baru Solo-Denpasar. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

“Kalau tidak mundur lagi, Garuda Indonesia siap buka rute Solo-Bali pada bulan April. Itu kalau tidak mundur. Mudah-mudahan sih jadi,” kata Jokowi. Ia menyebutkan, sudah lama maskapai pelat merah itu menjajaki rute tersebut. Hanya saja, pasar untuk rute tersebut dinilai belum matang. Hal ini menjadi pemicu minimnya minat maskapai membuka rute tersebut. Padahal di satu sisi, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan juga manajemen PT Angkasa Pura Bandara Adi Soemarmo Solo berupaya menarik maskapai baru agar bersedia membuka rute ke timur.

Sementara itu, General Manager (GM) Garuda Indonesia, Syamsuddin JS, menyampaikan saat ini pihaknya baru melakukan studi kelayakan atas rute Solo-Bali. “Kami belum bisa sebutkan, apakah jadi April atau tidak. Tapi, yang jelas saat ini kami masih menilai kelayakan pembukaan rute tersebut,” kata Syamsuddin. Syamsuddin melanjutkan, dalam studi kelayakan tersebut akan diperhitungkan apakah rute tersebut bisa menguntungkan bagi perusahaan atau tidak.

“Dan saat ini kami masih dalam taraf studi. Studi itu harus selesai dulu baru bisa kami sebutkan kepastian waktu operasionalnya.” Ia pun menyebutkan, jika memang dari hasil studi itu ternyata tidak menguntungkan sesuai dengan tuntutan manajemen, pihaknya pun akan berfikir dua kali untuk membuka rute tersebut. “Kami butuh waktu untuk melakukan studi, karena kami akui banyak data-data yang kami perlukan tapi belum bisa kami capture, sehingga untuk analisisnya juga sulit. Tapi, mudah-mudahan sih tahun ini bisa terealisasi,” imbuh dia. Pihaknya hanya bisa berharap, tahun ini Garuda Indonesia bisa memberikan yang terbaik bagi Kota Solo.

JIBI/SOLOPOS/Hijriyah Al Wakhidah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya