SOLOPOS.COM - Ilustrasi (muslimdaily.net)

Ilustrasi (muslimdaily.net)

Ilustrasi (muslimdaily.net)

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Hukum dan HAM menempatkan terpidana mati kasus narkoba Freddy Budiman ke sel isolasi di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Batu, Nusakambangan Cilacap, Jawa Tengah, menyusul penemuan paket sabu-sabu sebelum ditempatkan di LP setempat.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

“Isolasi untuk Freddy untuk enam hari, tapi bisa diperpanjang lagi,” kata Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana di Jakarta, Rabu. Denny mengatakan petugas lapas seringkali menemukan barang-barang selundupan pada terpidana yang dipindah ke Lapas Nusakambangan. “Sekarang kami sudah pastikan yang bersangkutan [Freddy] diberi hukuman tambahan di sel isolasi,” kata Denny.

Meski tidak dapat menjamin kemungkinan perolehan fasilitas istimewa bagi Freddy, Denny mengatakan kementeriannya akan terus menindak penyimpangan-penyimpangan di setiap lapas. “Saya tidak dapat menafikan faktanya handphone, pungutan liar, dan narkoba masih ditemukan (di sejumlah lapas). Tapi, saya dapat pastikan kami akan terus memerangi (penyimpangan) itu,” kata Denny. Penindakan itu, lanjut Denny, akan diberlakukan bukan hanya kepada para petugas yang melakukan penyimpangan, melainkan juga para narapidana.

Kementerian Hukum dan HAM memindah Freddy dari LP Kelas IIA Narkotika Cipinang Jakarta ke LP Batu Nusakambangan Cilacap, Jawa Tengah, dalam rangka penertiban. Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin mengatakan pemindahan Freddy ke LP Kelas IIB Nusakambangan merupakan hal wajar, dan menjadi bagian kebijakan rutin kementeriannya. Sebelumnya, Kenhukham disibukkan dengan pengakuan Vanny Rossyane, seorang model majalah dewasa yang mengaku kerap berhubungan seksual dengan Freddy di LP Narkotika Cipinang sambil pesta sabu-sabu.

Pada Kamis (25/7/2013) lalu, Kementerian Hukum dan HAM mencopot Kepala Lapas Narkotika Cipinang, Thurman Hutapea, karena memberikan fasilitas istimewa dan menerima suap dari Freddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya