SOLOPOS.COM - Selokan disumbat agar jalur pelarian kering (detik.com/Kadek Melda Luxiana)

Solopos.com, JAKARTA – Seorang narapidana kasus narkoba, Cai Changpan kabur dari Lapasa Tangerang. Sebelum diketahui kabur, napi warga negara atau WN China ini  diketahui menghilang dari kamar lapas pada Senin (14/9/2020).

Jarang Keluar Rumah, Fitria Ungkap Kronologi Elvy Sukaesih Terjangkit Covid-19

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Permasyarakatan, Rika Aprianti mengungkap awal mula Cai diketahui kabur dari lapas. "Di setiap shift itu ada penghitungan ada warga binaan. Di situ diketahui bahwa ada kurang 1 orang yang tidak ada," kata Rika kepada wartawan, dilansir Detik.com, Sabtu (19/9/2020).

Rika menjelaskan setiap pergantian shift jaga sudah pasti ada serah terima data warga binaan. Dalam serah terima itu, kata Rika, petugas harus menghitung semua warga binaan untuk memastikan tidak ada yang kurang satu pun.

"Setiap pergantian shift jaga itu pasti ada serah terima, termasuk serah terima jumlah dan memang harus dihitung. Pada saat penghitungan itu memang diketahui kurang 1 orang," ucap Rika.

Salah Satunya Terpelajar, Begini Jejak Viral Sejoli Pelaku Mutilasi di Kalibata City

Lapas Bakal Evaluasi

Menurut Rika, peristiwa ini akan menjadi evaluasi semua pihak terkait karena telah "kecolongan". Meskipun “kecolongan”, Rika mengaku bahwa penjagaan di lapas tersebut sebetulnya sudah sangat ketat.

Kepala Lapas Klas I Tangerang Jumadi awalnya membenarkan Cai kabur sejak Senin, 14 September 2020, pagi hari. Jumadi memastikan ada lubang di dalam kamar sel Cai. Setelah ditelusuri, lubang itu terhubung ke bagian luar lapas.

"Ada, ada [lubang di luar lapas), dalam artian memang dia yang bikin, dari bikinan dia (lubang)," ujar Jumadi.

Jumadi belum dapat menjelaskan alat apa yang dipakai Cai untuk menggali lubang. "Kalau di dalam kan apa pun bisa dipakai. Senekatnya itu. Kalau kemampuan orang biasa nggak bisa sekuat itu karena jauh jaraknya," ungkapnya.

Bukan Tanpa Dasar Komnas HAM Usulkan Penundaan Pilkada 2020

Kasus ini kini tengah ditangani oleh Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM. Proses investigasi masih terus berjalan.

"Saat ini sedang dilakukan penyelidikan dan investigasi oleh tim dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Inspektorat Jenderal Kemenkum HAM, Kanwil Kemenkum HAM Banten," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti lewat pesan singkat kepada detikcom, Jumat (18/9/2020).

Peralatan Kabur Napi WN China

Usut punya usut, pihak Lapas Tangerang menemukan peralatan obeng hingga besi di sel napi tersebut. "Ya kemarin itu peralatan yang diketemukan [di sel] sudah dibawa ke Polresta. Ya ada obeng, ada besi, ya. Nanti di sana, di Polres sana," kata Kalapas Klas I Tangerang Jumadi saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/9/2020).

Misteri Kecelakaan di Tol Cipali yang Kerap Terjadi pada Dini Hari

"[Galian lubang ke luar] samping lapas, jalan samping, Bukan lewat situ (jalan utama), di samping, dinding," kata Jumadi.

Jumadi pun menegaskan proses penyelidikan masih berlangsung. Teman satu sel Cai diperiksa. "[Penyelidikan) belum [selesai]. Kita lihat dulu ininya, kan masih menggali-gali informasi. Kita gali dulu yang lainnya, temannya seperti apa, karena kan nggak semua itu. Masih ada prosesnya," tuturnya.

Sementara itu, melalui pesan singkat, Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Rika Apriantis mengatakan proses investigasi masih terus berjalan.

"[Kemungkinan orang dalam terlibat] ya kalau kita semua kan mengarah ke sana, kan tidak mungkin dia sendiri, pasti ada bantuan, itu yang kita cari," kata Kalapas Klas I Tangerang Jumadi, dilansir Detik.com, Sabtu (19/9/2020). "Jadi Polres juga melihat dari sisi itu dan kita dari Dirjen juga melihat seperti apa. Ini semua lagi berproses, nggak serta-merta satu-dua hari selesai," lanjutnya.

Jumadi menuturkan aktivitas Cai di dalam sel tidak terekam CCTV sehingga tidak terlihat bagaimana napi WN China itu membuat galian lubang tersebut untuk kabur. Pihak lapas juga sudah bekerja sama dengan polisi untuk memburu Cai.

Bikin Kaget, Pelawak Narji Cagur Kini Nyambi Jadi Petani

"Tidak [terekam CCTV]. Kalau CCTV kan enggak sampai ke kamar, CCTV hanya di luar-luar saja. Sudah mulai [pengejaran Cai], mulai Polres, Mabes juga turun semua membantu pencarian," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya