SOLOPOS.COM - Internet

Jakarta–Rapat perdana Dewan Pers  digelar Senin (15/2). Dalam rapat ini, Bagir Manan dipilih sebagai ketua Dewan Pers secara aklamasi. Sedangkan Bambang Harymurti terpilih sebagai wakil ketua Dewan Pers.

“Ketua Dewan Pers terpilih adalah Prof Bagir Manan dan wakil ketua adalah Bambang Harimurty,” kata anggota Dewan Pers, Uni Z Lubis kepada seusai rapat.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

Pemilihan ketua Dewan Pers ini berlangsung secara tertutup, masing-masing anggota menuliskan nama calon ketua dan wakil ketua.
Hasilnya, Bagir Manan terpilih secara aklamasi sebagai ketua dan Bambang Harimurty memperoleh 4 suara dan ditetapkan sebagai wakil ketua.

Menurut Uni, selain memilih ketua dan wakil ketua, rapat perdana Dewan Pers juga menyepakati pembentukan 7 komisi.

Yaitu, Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers, Komisi Hukum dan perundang-undangan, Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi, Komisi Pemberdayaan Organisasi, Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers, Komisi Keuangan dan Prasarana Organisasi, dan Komisi Hubungan Hubungan Antarlembaga dan Luar Negeri.

“Masing-masing dari 7 anggota Dewan Pers menjadi ketua komisi dan menjadi wakil ketua komisi di komisi yang berbeda,” tutur Uni yang dipercaya sebagai ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi.

Sembilan anggota Dewan Pers periode 2010-2013 terdiri dari  3 wartawan, 3 orang dari perusahaan pers, dan 3 tokoh masyarakat. Tiga unsur dari wartawan adalah Bambang Harymurti, Margiono, dan Bekti Nugroho. Tiga unsur perusahaan pers adalah ABG Satria Naradha, M Ridlo Eisy, dan Uni Z Lubis. Tiga unsur tokoh masyarakat adalah Wina Armada Sukardi, Agus Sudibyo, dan Bagir Manan.

Berdasarkan UU No 40/1999 tentang Pers, Dewan Pers memiliki tugas antara lain melindungi kemerdekaan pers, mengawasi pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik, dan mengupayakan penyelesaian pengaduan masyarakat atas kasus-kasus yang berhubungan dengan pemberitaan pers.

dtc/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya