SOLOPOS.COM - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga hadir menyapa para alumni di Kota Ambon, Maluku, Kamis (9/2/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga hadir menyapa para alumni Kota Ambon, Kamis (9/2/2023).

Bertempat di Rumah Makan Sari Gurih Beach, kegiatan yang berlangsung hangat dan akrab ini menjadi ajang silaturahmi perwakilan UKSW dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Ambon.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, hadir pada kesempatan itu Kepala Divisi Promosi dan Komunikasi Publik UKSW Gamaliel Septian Airlanda, M.Pd., serta Direktur Direktorat Kemahasiswaan Giner Maslebu, S.Pd., S.Si., M.Si., bertemu dengan 59 kepala sekolah dan guru BK SMA/ SMK se Kota Ambon.

“Kami sangat bersukacita dapat kembali ke Kota yang sudah sangat akrab dengan UKSW. Sebagai perguruan tinggi yang dikenal dengan kampus Indonesia Mini kami sangat terbuka untuk kembali menerima kehadiran para siswa menimba ilmu di Kota Salatiga,” ucap Gamaliel membuka sapaannya.

Untuk menunjang kenyamanan dan iklim pembelajaran yang menyenangkan, disebutkan Gamaliel bahwa UKSW menyediakan rekan belajar bagi calon mahasiswa baru yang terdiri dari mahasiswa, dosen, tenaga non kependidikan hingga lingkungan masyarakat yang mendukung.

“Tidak hanya itu, sejak dulu UKSW telah menyediakan kurikulum merdeka guna mewujudkan kampus merdeka merdeka belajar. UKSW juga siap untuk terus mengembangkan diri sesuai arahan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” tegasnya.

Gathering UKSW dengan stakeholder di Kota Ambon ini disambut baik oleh ketua MKKS Ambon, Drs. Alexander Tahalele. Mewakili pihak sekolah, pihaknya terbuka menerima informasi mengenai kampus yang sebentar lagi menuju akreditasi Unggul ini untuk diteruskan ke siswa-siswa SMA/SMK di Kota Ambon.

Sementara itu, melalui kesempatan gathering ini Piet Sugiyono, Ketua Ikatan Alumni Satya Wacana (Ikasatya) cabang Ambon membagikan kesan menyenangkan berkuliah di UKSW. Berada di lokasi dengan view lautan Ambon ini, Piet mengenang masa-masa dirinya belajar di Salatiga dimana dosen dan mahasiswa menjadi partner belajar yang menyenangkan.

Keterikatan dengan Kampus

“UKSW mengutamakan proses sehingga membentuk karakter para alumni teruji dengan baik. Keterikatan alumni dengan kampus membuat mereka tetap berkomunikasi dengan adik angkatan dan memberikan tawaran-tawaran pekerjaan sehingga masa tunggu lulusan UKSW menjadi sangat singkat,” ujarnya.

Piet Sugiyono juga mengapresiasi komitmen para dosen yang mendorong mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Bahkan menurutnya dalam proses perkuliahan mahasiswa dapat menghasilkan produk dan memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HaKI).

Senada, Pdt. Elifas Tomix Maspaitella, M.Si., ketua sinode GPM Kota Ambon mengatakan jika UKSW menerima semua kultur budaya, sehingga tidak perlu ragu untuk bergabung dengan kampus yang menjunjung tinggi nilai toleransi. Spirit UKSW yang mendidik mahasiswa untuk kembali membangun dan mengabdi ke masyarakat sangat di apresiasi alumnus Magister Sosiologi Agama Fakultas Teologi UKSW.

Pihaknya juga menyatakan jika UKSW dan GPM berkomitmen memberikan beasiswa kepada mahasiswa dengan rekomendasi sinode GPM.

Kegiatan gathering kepala sekolah dan guru BK akan dilanjutkan dengan acara expo tunggal UKSW pada Jumat dan Sabtu (10-11/2/2023) di gedung Baileo Ambon. Empat fakultas yakni Fakultas Teknologi Informasi (FTI), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM), Fakulas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) serta Fakultas Psikologi siap berkolaborasi melalui kegiatan bertema Bacarita Cinta: UKSW Bastori deng orang Ambon.

Rekomendasi
Berita Lainnya