SOLOPOS.COM - Gaya suporter Senegal saat melawan Belanda pada Piala Dunia 2022. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLO—Babak pertama pertandingan antara Senegal vs Belanda pada Grup A Piala Dunia 2022 berakhir sama kuat 0-0. Kedua tim terlibat saling jual beli serangan pada laga di Stadion Al Thumama, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB.

Pelatih Belanda Louis van Gaal menurunkan skuat terbaik melawan Senegal. Skuat De Oranje hanya tidak diperkuat oleh Memphis Depay yang masih cedera.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Pada laga perdana Piala Dunia 2022 ini, Louis van Gaal menerapkan skema 5-3-2. Di bawah mistar, Van Gaal menurunkan Andries Noppert yang merupakan pemain paling jangkung di Piala Dunia 2022 dengan tinggi 2,03 meter.

Baca Juga: Protes Pemerintah, Pemain Iran Tak Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Di lini pertahanan trio Nathan Ake, Virgil van Dijk, dan Matthijs de Ligt dipercaya tampil sebagai starter. Ketiganya akan bersanding dengan dua wingback Daley Blind dan Denzel Dumfries di kiri dan kanan.

Sebagai metronom di lini tengah, Frenkie de Jong membentuk trio dengan Cody Gakpo dan Steven Berghuis. Sementara untuk urusan mencetak gol, Van Gaal memasang dua penyerang yakni Steven Bergwijn dan Vincent Janssen.

Di kubu Senegal, pelatih Aliou Cisse kehilangan Sadio Mane yang merupakan pemain terbaik mereka. Duo Chelsea, Edouard Mendy dan Kalidou Koulibaly turun sebagai starter sebagai kiper dan bek.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Saka Cetak Brace, Inggris Hajar Iran 6-2

Cisse memainkan tiga gelandang yang punya pengalaman bersama tim Eropa yakni Cheikhou Kouyate, Napalys Mendy, dan Idrissa Gana Gueye. Adapun barisan penyerang Senegal dihuni Ismaila Sarr, Boulaye Dia, dan Krepin Diatta.

Berdasarkan statistik FIFA, penguasaan bola Belanda hanya unggul tipis 2%. Sementara percobaan tembakan ke gawang Senegal lebih unggul 6 berbanding 5 dengan tembakan on target 1 untuk Senegal dan 0 untuk Belanda.

 

Susunan starting XI Senegal vs Belanda:

Senegal (4-3-3)

Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Pape Cisse, Abdou Diallo; Cheikhou Kouyate, Napalys Mendy, Idrissa Gueye; Ismaila Sarr, Boulaye Dia, Krepin Diatta. Pelatih: Aliou Cisse.

 

Belanda (5-3-2)

Andries Noppert; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Daley Blind; Frenkie de Jong, Cody Gakpo, Steven Berghuis; Vincent Janssen, Steven Bergwijn. Pelatih: Louis van Gaal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya