SOLOPOS.COM - Foto Kereta Api Ekonomi JIBI/Bisnis Indonesia/Andi Rambe

Harianjogja.com, JOGJA–Tarif kereta api untuk kelas ekonomi jarak jauh akan mengalami perubahan. Per 1 Januari 2014 mendatang, tarif kereta api Bengawan naik dari Rp50.000 menjadi Rp95.000.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) 6 Jogja Sumarsono mengatakan, kenaikan itu dilakukan karena kontrak penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik atau Public Service Obligation (PSO) bidang angkutan pelayanan kelas ekonomi tahun anggaran 2013 berakhir.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Dan belum ditandatanganinya kontrak yang sama [PSO] untuk tahun anggaran 2014. maka, per 1 Januari 2014 nanti, tarif kereta api ekonomi jarak jauh mengalmi perubahan,” ujar Sumarsono, Kamis (24/10/2013).

PSO tersebut merupakan pemberian subsidi oleh pemerintah atas selisih tarif antara pengoperasian kereta api dengan pendapatan dan diberikan untuk kereta ekonomi jarak jauh. Di wilayah Daops 6, terdapat tiga kereta api ekonomi jarak jauh yang dioperasikan dan akan mengalami perubahan tarif.

Antara lain KA Bengawan Solo Jebres – Tanjung Priok yang berangkat pukul 15.30 WIB dengan tarif nonsubsidi Rp95.000. Kereta api Progo dengan relasi Stasiun Lempuyangan – Pasar Senen dengan tarif baru Rp85.000. Sedangkan untuk KA Sri Tanjung dengan relasi Stasiun Lempuyangan – Banyuwangi berangkat pukul 07.45 WIB akan berlaku tarif nonsubsidi Rp95.000. “Sebelumnya ketiga kereta api ini mendapatkan subsidi dari pemerintah dan tarifnya Rp50.000,” imbuh Sumarsono.

Penetapan tarif kereta api ekonomi nonsubsidi ini tetap berdasar peraturan Menteri Perhubungan RI No. 28/2012 tentang Pedoman Perhitungan dan Penetapan Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api. Sumarsono menambahkan pemesanan tiket kereta api ekonomi jarak jauh ini untuk keberangkatan 1 Januari 2014 sudah dapat dilayani.

“Karena memang pemesanannya sudah bisa dilakukan pada H-90. Calon penumpang yang akan memesan, bisa mendapatkan secara langsung di loket penjualan di semua stasiun, atau internet reservation. Kini juga tersedia juga pemesanan melalui Blackberry Application, kantor pos, pegadaian an mini market,” tandas Sumarsono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya