SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, Winarti membuka acara seremonial masa penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2024/2025 di kampus setempat, Senin (8/1/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Sejumlah perguruan tinggi swasta di Solo sudah mulai membuka program penerimaan mahasiswa baru atau PMB untuk menjaring calon lulusan SMA lebih awal.

Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan Humas ITS PKU Muhammadiyah Solo, Teguh Wahyudi, ketika dihubungi Solopos.com, Selasa (9/1/2023) mengatakan pendaftaran di kampusnya sudah buka sejak 1 Desember 2023.  “Rencana kami tutup di akhir atau 30 Agustus 2024,” kata dia.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Teguh menjelaskan ITS PKU Muhammadiyah Solo membuka dua jalur. Pertama seleksi berbasis rapor atau prestasi, yaitu seleksi melalui kemampuan akademik yang didasarkan pada nilai rapor semester.

Kedua yakni jalur reguler atau Computer Based Test (CBT), seleksi yang dilakukan dalam bentuk pengerjaan soal ujian melalui komputer

Pelayanan berbasis digital juga diutamakan untuk mempermudah calon mahasiswa baru. Seperti layanan E-Seleksi, yang memungkinkan melakukan pendaftaran tanpa harus ke kampus. Teguh menjelaskan calon mahasiswa bisa mendaftar melalui laman resmi pmb.itspku.ac.id.

Selain pendaftaran berbasis daring, pihaknya juga memberikan layanan One Day Service (ODS) yang memungkinkan calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran, tes, sampai registrasi hanya dalam 1 hari. 

ITS PKU membuka delapan program studi seperti DII Keperawatan, S1 Gizi, DIV Anestesiologi, DIV Elektromedik, S1 Keperawatan, Profesi Keperawatan, S1 Informatika, dan S1 Kebidanan. Sedangkan rentang biaya uang kuliah tunggal atau UKT yang dipatok yakni mulai dari Rp7 juta sampai Rp13,75 juta.

“Pembayaran cukup UKT saja per semester dan itu pun bisa diangsur dua kali, ketika diterima secara online maka bisa pembayaran 50% dulu dari UKT. Dan UKT kami sudah all in dengan semua biaya yang ada, sudah SPP, praktik, ujian, seragam, dan alat-alat kesehatan,” kata dia. 

Teguh mengatakan nantinya mahasiswa yang dinyatakan diterima tidak perlu membayar uang gedung dan pembangunan. Sejak dibuka pada Desember 2023, calon mahasiswa yang sudah mendaftar di kampusnya sudah mencapai sekitar 500 orang. “Ini dari total delapan prodi, yang sudah registrasi 40 sampai 50 orang,” kata dia. 

Sementara itu, perguruan tinggi swasta lain seperti Universitas Tunas Pembangunan juga sudah membuka program PMB 2024/2025. Hal itu ditandai dengan acara seremonial di kampus setempat, Senin (8/1/2024).

Rektor UTP Solo, Winarti, menekankan sinergi dan inovasi sebagai elemen untuk memperkokoh pondasi civitas akademika UTP Solo dalam melakukan promosi. Sehingga, kata dia, luarannya dapat meningkatkan jumlah mahasiswa serta mendapatkan mahasiswa baru.

“Saya percaya, jika bapak dan ibu mau bersama-sama untuk kerja keras, tekun, dan semangat kolaboratif, goals kita untuk bisa meningkatkan perolehan jumlah mahasiswa di tahun ini dapat tercapai. Tidak hanya secara kuantitas tapi kita bisa mendapatkan calon-calon mahasiswa yang unggul, berkompeten, berkarakter dan berkualitas,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Selasa (9/1/2024).

Dia mengatakan mahasiswa yang akan belajar di UTP kebanyakan adalah Gen Z yang memiliki karakter mudah bosan, banyak mau, tapi bagus dalam berkreativitas. Maka untuk menyiasati ini perlunya pembaharuan dalam pembelajaran. Dia berpesan agar dosen dan tenaga pendidik bisa lebih adaptif.

“Maka kita harus terus melakukan peningkatan baik dalam layanan akademik, Tri Dharma, dan lain sebagainya, termasuk fasilitas kita harus mencerminkan hal-hal yang inovatif, sehingga kita sebagai perguruan tinggi swasta bisa terus eksis diminati dan dipercaya oleh masyarakat,” imbuh dia. 

Kepala UPT Humas dan Promosi UTP Solo, Fatkhul Imron mengatakan sudah banyak calon mahasiswa yang menanyakan tentang pendaftaran di UTP. “Ini waktunya yang tepat, membuka awal tahun 2024 dengan semangat yang baru dan juga persiapan tim dalam mempersiapkan acara launching ini,” kata dia.

Dia mengatakan terkait informasi pendaftaran kuliah, biaya kuliah, serta program studi di UTP Solo bisa didapatkan melalui website www.utp.ac.id atau Instagram @utp_surakarta. 

UTP membuka program reguler, kelas karyawan dan juga tersedia banyak program beasiswa salah satunya adalah beasiswa TPS [Tunas Pembangunan Scholarship],” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya