SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Salatiga (Espos)–Guna mengatasi kekeringan air di daerah atas dan mengantisipasi kekurangan air baku, Pemerintah Kota Salatiga berencana membangun waduk kecil di Kecamatan Argomulyo.
Waduk tersebut direncanakan berdiri di lahan seluas 14 hektare, memiliki luas genangan mencapai 12 haktare dan mampu menampung air hingga 1 juta meter kubik.

Pembangunan fisik bangunan waduk tersebut diperkirakan menelan biaya hingga Rp 5,2 miliar. Dana tersebut rencananya diambil dari dana bantuan APBN.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Sementara pembebasan lahan menjadi tanggung jawab Pemkot Salatiga. Biaya untuk pembebasan lahan diprediksi mencapai Rp 17 miliar.

Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Tata Ruang pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Salatiga, Ir Sulistyaningsih, mengungkapkan tahapan pembangunan waduk tersebut dimulai tahun ini dengan pembuatan detail engineering design (DED) oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Anggaran untuk pembuatan DED sudah dianggarkan APBD 2010 senilai kurang lebih Rp 150 juta.

“Menurut rencana setelah DED dibuat, tahun 2011 pembebasan lahan dan 2013 baru pembangunan fisik. Sebenarnya wacana untuk pembangunan waduk ini sudah sejak tahun 2007-2008,” tukas Sulistyaningsih saat ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini.

Waduk tersebut akan dibangun tak jauh dari tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Ngronggo yang dikenal lahan kering. Wilayah tersebut dipilih karena topografinya sesuai karena memiliki cekungan dan memiliki aliran sungai dari Gunung Merbabu.

Setiap musim kemarau, warga di wilayah tersebut mengalami masalah kekurangan air bersih. Upaya pengambilan air bawah tanah dengan cara mengebor sudah beberapa kali dilakukan namun tak menemukan hasil. Satu-satunya jalan untuk mengatasinya adalah dengan membangun waduk.

Air waduk tersebut nantinya bersumber pada air sungai dari Gunung Merbabu. Lokasi yang akan dibangun waduk saat ini berupa tanah tegalan, sebagian adalah tanah bengkok. Ketinggiannya 825 meter dari permukaan laut.

kha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya