SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) semakin berkomitmen meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini meluncurkan program baru pembelian tiket kereta api semua kelas lengkap dengan pilihan kursi seperti yang biasa dilakukan di agen bus, Selasa (22/1/2013) lalu.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta Sri Winarto  mengatakan pelanggan KA kini dapat menikmati fasilitas tambahan tersebut. Pelanggan dapat memilih tempat duduk di dalam kereta.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

“Mereka dapat memilih kursi yang berada di dekat toilet, rumah makan dan di dekat jendela. Kalau dulu kan mereka diarahkan dari petugas customer service. Sekarang selama masih tersedia mereka dapat memilih tempat duduk sendiri,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (25/1/2013).

Pelayanan itu lanjutnya diharapkan mampu memudahkan penumpang rombongan yang ingin memilih tempat di satu lokasi/gerbong. Dalam pelayanan ini juga tidak dipungut biaya charge tambahan atau biaya pemesanan. Tiket dijual sesuai dengan harga resmi yang dijual oleh PT KAI. Saat ini, pemesanan tiket baru dapat dilayani di website resmi PT KAI dan hotline 121. Pemesanan melalui toko modern seperti Alfamart dan Indomart belum dapat dilayani.

“Kami melakukan sosialisasi lewat media massa dan stasiun-stasiun. Kami menambah fasilitas-fasilitas itu secara bertahap,” jelasnya.

Menurut Sri Winarto PT KAI akan terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen. Awal tahun ini, PT KAI baru meluncurkan satu program pemilihan kursi tempat duduk itu kepada konsumen.

Sementara itu, Kepala Stasiun Solo-Jebres Eksam Puji Santoso membenarkan informasi tersebut. Pihaknya juga mengatakan aplikasi pemesanan tiket KA ekonomi dapat diunduh melalui gadget Blackberry dan Android. Pihaknya berharap program baru ini semakin meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya