SOLOPOS.COM - KETUA BARU -- Ketua terpilih Asita, Asnawi, berbicara kepada wartawan seusai pelaksanaan pemilihan dalam Munas X Asita di The Sunan Hotel, Solo, Minggu (23/10/2011). (JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)

KETUA BARU -- Ketua terpilih Asita, Asnawi, berbicara kepada wartawan seusai pelaksanaan pemilihan dalam Munas X Asita di The Sunan Hotel, Solo, Minggu (23/10/2011). (JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)

Solo (Solopos.com) – Asnawi Bahar, terpilih sebagai wakil ketua Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (Asita) periode 2011-2015. Asnawi sebelum ini sudah dua periode menjabat sebagai wakil ketua.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Asnawi terpilih setelah meraup 35 suara, dari 59 suara yang berhak memilih. Pria 50 tahun yang juga pernah menjabat ketua DPD Sumatera Barat selama dua periode itu mengalahkan satu-satunya lawannya, Hasiana S, dari DKI Jakarta, yang mendapatkan 24 suara.

Sebelumnya, lima nama diusulkan peserta Musyawarah Nasional (Munas) X Asita sebagai kandidat ketua, termasuk Hasiana dan Asnawi. Tiga nama lain adalah Wilhelm dari Maluku, Indra Sabirin Plt Sekretaris Jenderal DPP Asita, dan Awan Aswinabawa ketua DPD Asita Nusa Tenggara Barat. Namun ketiganya mengundurkan diri sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

Asnawi, ditemui wartawan seusai pemilihan, di The Sunan Hotel, Minggu (23/10/2011), menyampaikan cita-citanya untuk terus mendorong anggota Asita meningkatkan kinerja dan peran mereka sebagai pelaku ekonomi utama. Dia juga menegaskan ke depan Asita akan lebih bersinergi dengan pemerintah. Sebab, kata dia, pemerintah memiliki peran sebagai fasilitator dan regulator. “Pemerintah harus memfasilitasi, karena pemerintah adalah fasilitator dan regulator,” ungkap Asnawi.

Asnawi yang mulai terjun di bidang biro wisata tahun 1988 itu juga mengucapkan terima kasih atas dukungan peserta Munas. Menurutnya ketua Asita bukanlah jabatan, melainkan amanat yang kelak bakal dimintai pertanggungjawaban. Asnawi berjanji akan merangkul seluruh pelaku biro wisata di Indonesia untuk berkembang bersama. Hingga saat ini, dari 33 provinsi, sebanyak 30 provinsi telah memiliki perwakilan atau DPD Asita. Dua provinsi, yakni Gorontalo dan Sulawesi Barat, segera menyusul, karena keduanya telah menyiapkan kepengurusan DPD. DPP Asita tinggal melantik. Sedangkan DPD Asita Papua Barat segera akan diproses.

Ketua panitia Munas X Asita, Suharto, mengatakan secara umum pelaksanaan pemungutan suara ketua Asita berlangsung lancar. Tidak ada persoalan yang cukup mengganggu jalannya pemilihan ketua, dewan pertimbangan, dan dewan pengawas tata krama. Bahkan, Harto sapaannya menyebut Munas kali ini sukses lantaran dapat mempersatukan semua elemen Asita di Tanah Air. Sebelumnya, selama empat tahun belakangan, DPD Asita DKI Jakarta enggan bergabung dengan DPP lantaran adanya perselisihan.

“Saya senang dan sangat bersyukur, acara lancar. Dan, yang penting lainnya, DKI Jakarta tetah memutuskan untuk kembali bergabung dengan DPP. Tim lobi, DPP Asita, dan Asita DKI mencapai kata sepakat saat Munas,” ujar dia.

tsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya