SOLOPOS.COM - Layar menunjukkan hasil pemungutan suara tentang penangguhan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa selama sesi khusus darurat Majelis Umum PBB tentang invasi Rusia ke Ukraina, di markas besar PBB di New York City, New York, AS (7/4/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Andrew Kelly/aww)

Solopos.com, JAKARTA—Amerika Serikat (AS) dan sekutunya mengecam Rusia karena telah menuduh soal kepemilikan senjata biologis di Ukraina ke Dewan Keamanan PBB. Rusia bahkan dikabarkan menyebarkan kabar bohong yakni menuduh AS memiliki program militer di Ukraina.

“Berapa banyak lagi omong kosong ini yang harus kita tanggung?” kata Duta Besar (Dubes) Inggris untuk PBB Barbara Woodward, seperti dilansir dari ChannelNewsAsia, Jumat (27/10/2022).

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Adapun Rusia melaporkan ke Dewan Keamanan PBB, setidaknya dua kali masalah terkait senjata biologis di Ukraina. Namun, AS dan Ukraina telah membantah tentang keduanya yang memiliki program senjata biologis.

Baca Juga Ukraina Krisis Listrik, Warga di Pengungsian Diminta Tidak Pulang

Meski begitu, Rusia bersikeras mendorong penyelidikan dan membentuk sebuah komisi yang terdiri atas 15 anggota dewan untuk menyelidiki hal tersebut. Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan bahwa tuduhan Rusia sebagai suatu yang dibuat-buat alias tanpa ada sedikit pun bukti.

Sementara itu, para pejabat perlucutan senjata PBB telah lama mengklaim tidak mengetahui ada program senjata biologis di Ukraina. Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia pun menyangsikan klaim itu dan mendesak DP PBB membentu sebuah komisi untuk menyelidikinya.

“Apakah kamu benar-benar berpikir bahwa kami senaif itu? [melaporkan tanpa bukti]” kata Nebenzia. Namun, Thomas-Greenfield menegaskan bahwa tidak ada laboratorium senjata biologis Ukraina yang didukung oleh Washington. “Pertemuan ini membuang-buang waktu, upaya untuk mengalihkan perhatian dari kekejaman yang dilakukan pasukan Rusia di Ukraina dan taktik putus asa untuk membenarkan perang yang tidak dapat dibenarkan,” kata Greenfield.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul AS Kecam Rusia atas Tuduhan Tanpa Bukti soal Senjata Biologis di Ukraina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya