SOLOPOS.COM - Petugas sedang membongkar muatan dari sebuah pesawat di Bandara Adi Soemarmo. Di musim mudik Lebaran kali ini terjadi peningkatan jumlah penumpang yang melebihi jumlah tahun lalu di masa yang sama. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Petugas sedang membongkar muatan dari sebuah pesawat di Bandara Adi Soemarmo. Di musim mudik Lebaran kali ini terjadi peningkatan jumlah penumpang yang melebihi jumlah tahun lalu di masa yang sama. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

BOYOLALI-Jumlah pemudik yang menumpang pesawat terbang di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, menjelang Lebaran melonjak pesat. Puncak arus mudik pengguna pesawat terbang terjadi H-2, jumlah pemudik mencapai 3.140 orang.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Sesuai catatan yang dihimpun di Bandara Adi Soemarmo, jumlah tersebut jauh melebihi tahun sebelumnnya yang hanya mencapai 2.291 orang. Hal ini mengindikasikan, penumpang pesawat terbang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Di hari-hari biasa di luar momentum Lebaran, jumlah pengguna pesawat hanya mencapai 1.000-an orang.

“Beberapa pesawat terbang ada yang menjalani extra flight, seperti Silk Air, Batavia, Lion Air, Trigana dan Indonesia Air Transport,” kata Air Port Duty Manager Bandara Adi Soemarmo, Sunarto. Sunarto mengatakan jumlah kedatangan pesawat yang masuk ke Bandara Adi Soemarmo mulai H-2 mencapai 19 buah. Dibandingkan tahun lalu, hal ini juga mengalami peningkatan signifikan (tahun lalu saat H-2 mencapai 15 pesawat). Sepanjang momentum Lebaran diakui ada pesawat yang mengalami delay. Namun, hal itu tak berpengaruh buruk pada penumpang. Delay yang terjadi masih dalam batas kewajaran.

Disinggung tentang persiapan arus balik mendatang, Sunarto memperkirakan puncak arus balik terjadi pada H+3 hingga H+7.
“Penumpang yang dimaksud di sini, termasuk penumpang domestik dan internasional,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya