SOLOPOS.COM - Durham University Museum (Wikipedia)

Durham University Museum (Wikipedia)

LONDON—Dua artefak peninggalan budaya China yang tersimpan di Durham University Museum, Inggris raib digasak pencuri Kamis pekan lalu. Artefak tersebut diperkirakan bernilai US$3,2 juta.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Seperti dikutip Newser dari AP, Minggu (8/4) waktu setempat, seorang pria dan seorang wanita dari West Midlands telah ditangkap terkait kasus tersebut. Namun, keberadaan dua artefak itu hingga kini belum dapat diketahui.

Pihak Durham University mengatakan, pencurian dua benda tak ternilai harganya itu dilakukan pencuri dengan menggali lantai dasar galeri museum. Pencuri itu membawa mangkuk kuno bertulis puisi China peninggalan 1769 serta benda kerajinan dari porselen.

“Kami sangat kecewa dengan kasus ini. Kedua benda tersebut sangat penting dan merupakan contoh warisan peninggalan Dinasti Qing,” ujar kurator Museum.

Polisi kini masih melakukan penyidikan pada kedua tersangka untuk mengetahui kemungkinan keterlibatan pihak lain. Pengelola Museum kini juga menutup akses publik hingga waktu yang belum ditentukan.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya