SOLOPOS.COM - Arifin Panigoro (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Arifin Panigoro (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

PALEMBANG – Pendiri Medco E&P dan pemilik saham pengendali Bank Saudara, Arifin Panigoro, tertarik mengembangkan usaha ke tanaman karet di Sumatra Bagian Selatan yang merupakan salah satu komoditas andalan wilayah itu.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Arifin mengatakan karet merupakan komoditas yang masih memiliki prospek cemerlang untuk jangka panjang.

“Kami suda melakukan penelitian tentang bibit-bibit unggul karet, rencananya akan ditanam dan dikembangkan di Jambi, Bengkulu dan Sumsel,”katanya seusai menghadiri pembukaan kantor cabang Bank Saudara di Palembang, Kamis (7/2/2013).

Dia mengatakan potensi lahan di Sumsel masih cukup tinggi. Selain itu, rencananya pengusaha itu akan membuka lahan di Jambi seluas 5.000 hektare (ha) dan Bengkulu seluas 1.000 — 1.500 ha.

Untuk tahun pertama ini,lanjut dia, pihaknya akan fokus pada pembibitan unggul. Saat ini Arifin sudah menggandeng Balai Penelitian Karet Sumbawa di Sumsel untuk meneliti bibit unggul itu. “Nantinya kami juga akan bermitra dengan petani karet di sana. Kami inginnya juga mengarah ke penghiliran karet,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya