SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta –– Terpidana perkara korupsi Gayus Tambunan, Arafat Enanie, memilih diam untuk membeberkan keterlibatan jaksa peneliti Cirus Sinaga. Dia menilai pengakuannya dikhawatirkan membahayakan dirinya yang tengah proses banding di Pengadilan Tinggi.

“Kegunaan saya sampaikan itu apa? Ketika saya banyak ngomong, kemarin faktanya dituntut berat dan kemudian divonis 5 tahun. Sekali saya pikir kalau saya ungkapkan lagi itu membahayakan bagi saya dan itu mengkhawatirkan saya karena saya masih proses banding,” kata Arafat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hal itu disampaikannya usai persidangan agenda mendengarkan keterangan saksi Arafat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (13/10).

Dia berharap dengan memilih diam terkait keterlibatan Cirus dapat mengurangi massa hukuman 5 tahun seperti yang dijatuhkan hakim beberapa waktu lalu.

“Saya berharap banding ini ada pengurangan, paling tidak berharap bisa bebas,” ujar Arafat.

Arafat mengaku mengetahui betul keterlibatan Cirus dalam kasus Gayus. Cirus dituding sebagai dalang dalam penambahan pasal penggelapan terhadap terdakwa Gayus.

Di dalam persidangan, Arafat menuturkan dirinya bersama Sri Sumartini diundang ke Hotel Kristal untuk bertemu Haposan, Gayus, Cirus, dan jaksa penuntut lainnya.

Pertemuan membahas mengenai pasal yang disangkakan polisi kepada Gayus, yaitu pasal korupsi dan pencucian uang. “Cirus bilang tidak mungkin kasus ini ditangani, karena ini korupsi harusnya Pidsus (pidana khusus),” kata Arafat menirukan ucapan Cirus.

Namun, ia mengaku hanya berada di pertemuan tersebut selama 10 menit. “Saya tidak tahu selanjutnya, yang saya tahu dari kasus ini sudah ada pasal penggelapan,” kata Arafat.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya