SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)– Pembayaran tunai kini mulai ditinggalkan. Ke depan, pembayaran nontunai, melalui electronic data capture (EDC) atau internet banking akan mendominasi.

Seperti yang dilakukan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo melalui kerja sama dengan Bank Mandiri Solo. Kerja sama diawali dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) di Sunan Hotel, Rabu (5/10/2011) malam.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Manager Area Bank Mandiri Solo, Wawan Setiawan, saat dihubungi solopos.com, Kamis (6/10/2011), mengatakan komposisi nontunai terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini, diduga bakal terus terjadi lantaran masyarakat semakin mementingkan faktor kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi.

Di Bank Mandiri sendiri, Wawan mencatat transaksi nontunai berada di angka lebih dari 60% dibandingkan total transaksi. “Ini untuk transaksi di bank, baik itu pembayaran langsung di toko-toko atau internet banking. Transaksi langsung dengan datang ke kantor semakin berkurang,” jelas dia.

Sementara itu, Ketua Apkomindo Solo, Andoko, dijumpai seusai penantanganan MoU mengatakan kerja sama dengan Bank Mandiri diharapkan membuka peluang semakin banyaknya transaksi produk teknologi informasi (TI) baik itu di toko maupun selama pameran komputer.

Andoko menegaskan, sampai Rabu malam, sekitar 60-70 anggota Apkomindo Solo berminat menindaklanjuti MoU dengan memasang EDC Bank Mandiri di tiap konter. Diharapkan, dengan alat EDC itu, penjualan produk TI ikut terkerek. “Di pameran komputer yang terakhir, transaksi bisa mencapai Rp 12 miliar. Kalau ada EDC di pameran pasti akan naik.” tsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya