SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Reuters/Lucy Nicholson)

Apel berbakteri bukan satu-satunya media penyebaran bakteri listeria. Makanan siap saji dan daging setengah matang juga bisa mengandung bakteri itu.

Solopos.com, JAKARTA — Bakteri listeria tak hanya ada di buah apel impor asal Amerika Serikat (AS). Bagi Anda yang sering mengkonsumsi makanan siap saji dan daging ayam yang setengah matang, maka berhati-hatilah terhadap bakteri listeria.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Bakteri ini bisa bermultiplikasi atau tumbuh semakin banyak terutama dalam suhu yang rendah, termasuk dalam lemari pendingin supermarket atau kulkas di rumah.

Untuk itu jagalah agar suhu di dalam kulkas antara 0 dan 4 derajat celcius (32 dan 39,2 derajat F) sehingga bakteri tidak akan bermultiplikasi. Selain itu, konsumen harus selalu mematuhi tanggal kadaluarsa makanan. Karena makanan yang sudah kadaluarsa akan banyak mengandung bakteri listeria.

Cara untuk menghindari bahaya bakteri ini yaitu bawalah makanan siap saji yang baru dibeli dari supermaket tersebut dalam kantong atau kotak yang kedap udara jika memungkinan.

Selain itu, jagalah agar makanan tersebut tetap dalam keadaan dingin dan jika makanan itu menjadi terlalu hangat atau mulai tidak beku saat dibawa dalam perjalanan maka kemungkinan bakteri listeria sudah bermultiplikasi.

Sebenarnya makanan siap saji aman untuk dimakan baik oleh semua orang baik itu yang sedang hamil, anak-anak hingga orang tua. Namun, harus memperhatikan dan mematuhi instruksi cara memasak atau memanaskannya secara teliti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya