SOLOPOS.COM - Tamu undangan mulai berdatangan untuk menyaksikan malam penganugerahan SBBI-JBBI 2013 di Wisma Boga, Solo Baru, Sukoharjo, Selasa (11/6/2013). (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Tamu undangan mulai berdatangan untuk menyaksikan malam penganugerahan SBBI-JBBI 2013 di Wisma Boga, Solo Baru, Sukoharjo, Selasa (11/6/2013). (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SOLO — Mulai tahun ini survei Solo Best Brand Index-Jogja Best Brand Index (SBBI-JBBI) memberikan penghargaan khusus.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ada enam merek yang mampu meraih penghargaan khusus. Siapa saja dan apa saja penghargaan khusus itu? Di Solo, Suzuki APV mampu meraih penghargaan sebagai potensial brand. Di Jogja, potential brand diraih oleh Ayam Goreng Suharti dan Universitas Islam Indonesia, satisfaction brand oleh Larissa dan Sharp, dan accelerated brand di raih oleh LKM Bank Mandiri.

Pencarian untuk potensial brand sudah dilakukan untuk SBBI-JBBI dua tahun terakhir. Tetapi, untuk accelerated brand baru muncul pada SBBI-JBBI tahun ini. Memang tidak banyak produk yang masuk dalam kategori ini. Tetapi, munculnya potential brand dan accelerated brand baik di pasar Solo dan Jogja telah menunjukkan bahwa pasar di dua kota tersebut sangat dinamis.

Kabid Riset SBBI-JBBI 2013, Sholahuddin, menyampaikan potential brand adalah merek yang berada di peringkat dua dan memiliki jarak atau skor index 0,1 dengan index yang diperoleh merek peringkat pertama.

Sementara, accelerated brand adalah merek baru yang muncul dalam survei SBBI-JBBI 2013, kemudian mampu duduk di peringkat dua, tetapi memiliki skor market share lebih tinggi dari skor market share merek peringkat pertama.

“Baru tahun ini ada accelerated brand. Mereka adalah pemain baru yang mampu bersaing dengan pemain-pemain lama,” kata Sholahuddin.

Hadirnya merek baru ini perlu mendapat apresiasi, karena meskipun pemain baru ternyata sudah mendapat tempat yang cukup baik di pasar Solo dan Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya