SOLOPOS.COM - Anton Medan

Solopos.com, JAKARTA — Mantan Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Mubalig Ramdhan Effendi alias Anton Medan meninggal dunia, Senin (15/3/2021) sekitar pukul 14.30 WIB. Sebelum meninggal, Anton Medan sudah menyiapkan makam di Bogor, Jawa Barat.

Kabar duka meninggaldunianya Anton Medan itu dikonfirmasi Ketua Umum PITI Ipong Hembing putra saat dihubungi wartawan. "Inalillahi wainailaihi rojiun," kata Ipong saat dihubungi.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Anton meninggal dunia di kediamannya, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Dia dikabarkan meninggal karena sakit setelah sempat terpuruk beberapa hari terakhir setelah terjatuh dari tempat tidur dalam status penyandang penyakit diabetes.

Baca Juga: Peluang Bisnis Tanaman Hias di Mal Terbuka

Anton merupakan pria kelahiran Tebing Tinggi, Sumatra Utara, Oktober 63 tahun silam. Pemilik nama asli Tam Hok Liang ini didapuk jadi ketua PITI sejak 2012 silam. Dia menjadi mualaf pada 1992.

Mantan Preman

Anton Medan merupakan mantan preman yang telah hijrah. Lelaki itu dikabarkan Kantor Berita Antara sudah menyiapkan makam di kediamannya, kompleks Pesantren At-Taibin, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat sejak 2005.

"Bangunan ini [makam] sudah dibangun sejak lama, selesainya pada tahun 2005," ujar putra keenamnya, Delly Viki Ramdani, di rumah duka, Senin.

Baca Juga: Waspada, 12 Zodiak Kerap Keliru Asuh Anak!

Makam seluas 4 m x 4 m dengan atap tiga tingkat berwarna hijau tua itu bertempat di samping Masjid Tan Kok Liong. Delly mengatakan bahwa ayahnya berharap selalu mendapatkan doa dari para santrinya ketika jenazahnya dikebumikan di lingkungan pesantren.

"Alasannya, kalau elu-elu pada enggak doain gua, gua punya santri yang doain," ujar Delly menirukan pesan almarhum.

Jenazah Anton Medan rencananya akan dimakamkan Selasa (16/3/2021) esok sambil menunggu anak-anaknya dan para kerabat bertakziah ke rumah duka. "Masih menunggu saudara-saudara saya, jadi belum ditentukan jam pemakamannya," kata Delly.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya