SOLOPOS.COM - ilustrasi (wordpress)

Temanggung (Solopos.com)–Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menyiapkan sebanyak 250 tangki air bersih untuk disalurkan kepada masyarakat di daerah kekeringan pada musim kemarau mendatang.

“Kami menyiapkan 250 tangki air bersih menghadapi kemarau tahun ini yang diperkirakan mulai pertengahan Juni 2011,” kata Kepala Seksi Perlindungan Masyarakat, Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Temanggung Agus Sudaryono, di Temanggung, Rabu (1/6/2011).

Menurut dia, sebanyak 250 tangki air bersih itu akan dialokasikan untuk 10 kecamatan yang selama ini menjadi langganan bencana kekeringan setiap musim kemarau. Ia menyebutkan, 10 kecamatan tersebut, yakni Kandangan, Kaloran, Pringsurat, Bejen, Tlogomulyo, Kranggan, Bulu, Tretep, Wonoboyo, dan Parakan.

Persediaan air bersih akan didistribusikan sekitar bulan Juli hingga September 2011. “Kalau nanti persediaan masih kurang, kami akan mengajukan penambahan dana lagi ke APBD Kabupaten,” katanya.

Menurut dia, hingga sekarang belum ada laporan dari daerah yang mengalami kekeringan. “Jika sudah kekurangan air, masyarakat supaya melapor ke Kantor Kesbangpolinmas maka akan kami tindaklanjuti dengan penyaluran air bersih,” katanya.

Menyinggung pergantian musim, dia mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan terjadi bencana angin ribut. Secara geografis, wilayah Temanggung yang berada di antara Pegunungan Perahu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing rawan bencana angin ribut. “Sebaiknya warga Temanggung lebih waspada, terutama yang tinggal di daerah lereng gunung,” katanya.

(antara/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya