SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Cuaca buruk yang kerap melanda wilayah Soloraya belakangan ini telah menggaggu pelayanan penerbangan.

Dua maskapai penerbangan yang diagendakan mendarat pada malam hari di Bandara Adi Soemarmo Solo, Minggu (16/6/2013) malam, terpaksa ada yang harus return to base ke Jakarta bahkan ada yang divert atau dialihkan ke Bandara Juanda, Surabaya. Dua maskapai tersebut adalah Garuda Indonesia dan Lion Air.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Dari informasi yang dihimpun Solopos.com dari pihak otoritas Bandara Adi Soemarmo Solo, penerbangan yang sempat mengalami gangguan adalah Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA228 dan Lion Air dengan nomer penerbangan JT530 dan JT532.

General Manager Garuda Indonesia Solo, Flora Izza, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (17/6/2013), membenarkan kondisi tersebut.

“Pesawat tidak bisa mendarat akibat cuaca buruk. Pesawat terpaksa dialihkan ke Bandara Juanda di Surabaya. GA228 adalah pesawat yang semestinya mendarat pukul 20.30 WIB di Solo untuk kemudian homebase di bandara,” ujar Flora.

Pesawat tersebut, kata dia, berisi sekitar 90 hingga 100 penumpang.

“Dan pesawat kami kembali ke Solo pukul 22.55 WIB. Selama masa pengalihan, penumpang tetap berada di dalam pesawat dan kami tidak membayar kompensasi apapun karena itu kejadian force major,” imbuh dia.

Menurut Flora, divert ke Surabaya adalah alternatif terbaik dan sudah sesuai dengan aturan penerbangan yang mengharuskan pesawat turun di Surabaya jika mengalami gangguan di Solo.

Sementara itu, penerbangan Senin pagi relatif sudah kembali normal dan pesawat Garuda Indonesia paling pagi tepat bertolak ke Jakarta dari Solo pukul 05.50 WIB.

Terpisah, Station Manager Lion Air Solo, Leo Kartiko, juga membenarkan pesawat Lion Air sempat harus return to base atau kembali ke Bandara Soekarno Hatta karena kekuatan angin dan jarak pandang di Solo tidak memungkinkan untuk mendarat. Dia menuturkan, pesawat Lion Air yang semestinya mendarat di Solo pukul 21.00 WIB terpaksa harus tertunda hingga pukul 21.00 WIB.

Assistant Manager Operasional PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Rini Sri Rahayu, membenarkan beberapa penerbangan mengalami gangguan akibat cuaca buruk akhir pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya