SOLOPOS.COM - Capres no urut 03 Ganjar Pranowo dan Capres no urut 01 Anies Baswedan debat kelima Pilpres 2024 di JCC Senayan, Minggu (4/2/2024) malam. (Istimewa/Tangkapan Layar)

Solopos.com, SOLO — Calon presiden (capres) Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo memiliki pandangan yang sama tentang bantuan sosial (bansos). Keduanya menilai bansos adalah kewajiban negara untuk diberikan kepada rakyat miskin. Oleh sebab itu bansos tidak boleh diklaim sepihak sebagai bantuan perorangan atau kelompok tertentu.

Diskusi soal bansos itu diawali oleh pertanyaan Ganjar kepada Anies Baswedan pada sesi keempat Debat Capres 2024 yang terakhir, Minggu (4/2/2024) malam.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

“Bansos menurut saya adalah kewajiban negara. Rakyat berhak mendapatkan. Tapi belakangan bansos banyak klaim sebagai bantuan orang per orang atau kelompok. Menurut Pak Anies bagaimana tata kelola bansos agar tidak saling klaim, tepat sasaran, dan tidak menimbulkan kecemburuan?” tanya Ganjar.

“Kita harus menyadari, bansos itu bantuan untuk si penerima. Bukan bantuan untuk si pemberi. Maka mestinya diberikan sesuai si penerima. Kalau bulan ini ya bulan ini, jangan dirapel. Itu yang namanya bansos tanpa pamrih. Pemberian bansos harus tepat sasaran, diberikan melalui pendataan yang baik, mekanismenya melalui jalur birokrasi, bukan di pinggir jalan,” jawab Anies.

Jawaban Anies pun cukup memuaskan Ganjar yang memiliki pandangan sama. Akan tetapi, dia melihat perlu perbaikan mekanisme pemberian bansos sebagai hak rakyat agar tepat sasaran.

Anies pun menawarkan opsi pemberian bansos dalam bentuk uang tunai untuk mengurangi potensi korupsi. “Kita memikirkan opsi cash transfer untuk mengurangi korupsi. Kalau cash, warga bisa membelanjakan sesuai kebutuhan. Data akurat, dananya dipakai sesuai kebutuhan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya