SOLOPOS.COM - Bakal calon presiden dan wakil presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan (tengah) dan Muhaimin Iskandar (ketiga kiri) menghadiri haul atau peringatan wafatnya Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (4/11/2023). Haul ulama Habib Ali dihadiri sejumlah tokoh nasional dan ribuan orang yang datang dari berbagai kota di Indonesia. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/rwa.

Solopos.com, JAKARTA–Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar membutuhkan sekitar 80 juta suara agar memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 satu putaran.

Menurut Ketua DPP Partai Nasdem Effendy Choirie atau Gus Choi, partainya dan koalisi akan bersungguh-sungguh memenangkan Anies-Muhaimin (Cak Imin). Dia mengatakan hal tersebut sempat dibicarakan saat menerima kunjungan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan sejumlah tokoh ormas Islam.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Meskipun tak ada pernyataan definitif atas dukungan Din dan tokoh-tokoh lain kepada Anies-Cak Imin, Gus Choi mengklaim mereka akan berijtihad apabila pilihan terbaik yakni mendukung bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) itu.

Apabila hasil ijtihad berhasil membuat Din Syamsuddin dan para tokoh ormas mendukung Anies, maka setelah itu yang dilakukan adalah jihad untuk memenangkan pasangan bakal capres-cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu.

“Ijtihad itu memilih yakin bahwa ini yang terbaik, kemudian jihad itu artinya bersungguh-sungguh memenangkan Anies. Mereka tadi mengatakan untuk menang kita membutuhkan sekitar 80 juta suara, satu putaran,” katanya seusai pertemuan tersebut di Nasdem Tower, Selasa (6/11/2023).

Sedangkan bila Pilpres 2024 berlangsung untuk dua putaran, dan Anies-Cak Imin lanjut pada putaran kedua, Gus Choi mengatakan suara yang dibutuhkan yakni 66 juta hingga 70 juta untuk putaran pertama.

“Untuk menang dalam putaran kedua ya membutuhkan 80-an juta. Sudah dihitung. Mereka berjuang ke arah sana, dengan kemampuan sendiri, uang sendiri, semua sendiri, tidak bisa mengandalkan uang dari oligarki,” beber dia.

Saat ditanya mengenai keyakinan partainya, anggota DPR itu mengatakan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh meyakini Pilpres 2024 akan berlangsung untuk dua putaran. Namun misalnya pun harus dua putaran, pihaknya optimistis Anies-Cak Imin masuk ke putaran kedua dan bisa menang.

Sementara itu, Din Syamsuddin mengakui pertemuannya dengan Surya Paloh merupakan keinginannya secara individu, begitu pula seperti tokoh ormas Islam lain yang ikut hadir.

Dia mengatakan sebelumnya dan ke depan masih terbuka apabila ada partai politik maupun pasangan capres-cawapres yang ingin bertemu. “Tetapi tiga partai ini, PKS, PKB dan terakhir sekarang ke Nasdem atas keinginan kami sendiri. Sejumlah ormas Islam masih banyak lagi yang ingin datang tetapi terkendala waktu,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Anies-Cak Imin Butuh 80 Juta Suara untuk Menangi Pilpres Satu Putaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya