SOLOPOS.COM - Anies Baswedan menyapa masyarakat di acara Pelantikan DPRT Nasdem se-Pulau Lombok dan Silaturahmi Kebangsaan di Lapangan Masbagik, Lombok Timur,, belum lama ini. (Twitter/@aniesbaswedan)

Solopos.com, JAKARTAAnies Baswedan menilai dalam memilih calon pemimpin yang terpenting adalah rekam jejaknya, bukan visi-misinya.

Anies yang sudah dideklarasikan Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 itu mengaku visi-misi yang disampaikan seorang calon pemimpin memang penting untuk mengetahui apa yang ingin dilakukannya ke depan.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Meski begitu, visi-misi itu menjadi tak relevan jika yang menyampaikan tak punya rekam jejak yang mempuni.

“Visi misi sehebat apa pun, dia tidak kredibel bila tidak ditopang dengan rekam jejak perjuangan yang ada. Karena, apa yang disampaikan sebagai visi misi ini adalah imajinasi, imajinasi tentang masa depan apa yang mau dikerjakan besok,” jelas Anies di Rakernas I Partai Ummat di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (14/2/2023).

Sebaliknya, lanjut dia, jika yang menyampaikan visi misi itu memiliki rekam jejak yang nyata maka masyarakat bisa menjadikannya patokan.

“Karena itulah yang perlu didorong dan justru menjelaskan yang membawa misi ini, yang mengemban misi ini, adalah mereka-mereka yang memiliki rekam jejak dan ini sesungguhnya yang perlu didorong sekarang banyak di antara kita yang membandingkan rencana,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Anies mengatakan visi misi dapat dibuat seindah mungkin. Sebaliknya, rekam jejak hanya bisa dikatakan dibuktikan lewat kerja nyata.

“Rencana bisa dibuat seindah mungkin tapi rencana itu imajinasi, khayalan masa depan, tetapi rekam jejak bukan khayalan, rekam jejak kenyataan,” ucap Anies.

Dia mengklaim dirinya sudah menunjukkan kerja nyata selama lima tahun menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. “Lima tahun terakhir dan ketika bertugas di Jakarta maka agenda utama yang dibawa adalah bagaimana negara bisa menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Soal Kriteria Pemimpin, Anies Pamer Rekam Jejaknya di Jakarta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya