SOLOPOS.COM - Anies Baswedan saat menanggapi banyaknya permintaan doa dari pendukungnya di Instagram pribadinya, Rabu (12/6/2024). (Istimewa/Tangkapan Layar Instagram)

Solopos.com, JAKARTA — Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan membuka sinyal bertemu dengan Presiden terpilih Republik Indonesia 2024–2029 Prabowo Subianto untuk saling bertukar pikiran dan disambut baik oleh Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Kami bertemu dengan semua. Jadi, kami senang sekali bisa berdiskusi dengan semuanya, bisa bertukar pikiran dengan semua,” ucap Anies, Jumat (22/6/2024), dilansir Antara.

Promosi Keren, BRI Dinobatkan Lagi sebagai Tempat Kerja Terbaik oleh HR Asia

Anies mengatakan dialog dengan semua tokoh diperlukan dalam membangun daerah. “Pada akhirnya kita ingin setiap daerah di seluruh Indonesia nantinya bisa mendapatkan kepemimpinan yang memajukan dan membahagiakan warga,” kata dia.

“Jadi, kita insya Allah akan dialog dengan semua, diskusi dengan semua,” sambungnya.

Mengenai kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2024, Anies mengatakan bahwa dirinya sedang membangun komunikasi dengan berbagai partai politik, termasuk Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo.

“Kita kan semua ingin Jakarta maju dan Jakarta maju, warganya bahagia, itu ‘kan bukan hanya aspirasi satu dua partai, semuanya ingin begitu. Jadi, kita bangun komunikasi dengan semua,” ucap Anies.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan partainya terbuka jika Anies Baswedan ingin bertemu dengan Prabowo Subianto.

“Memulai komunikasi itu enggak ada yang salah, ya. Enggak ada yang enggak baik, bagus. Semakin banyak pertemuan-pertemuan antartokoh, menurut saya, semakin baik,” ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Menurut ia, Prabowo tidak memiliki sentimen terhadap Anies, terlepas dari keduanya pernah menjadi rival pada Pilpres 2024.

“Pak Prabowo itu enggak pernah baper. Dengan pihak-pihak yang pernah berseteru, beliau tetap menjalin komunikasi dengan baik,” katanya.

Sementara, PAN menyambut baik sikap Anies yang memberi sinyal akan menemui  Prabowo.

“Bagus, kalau silaturahmi dengan siapa saja bagus,” ucap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas saat ditemui usai acara HUT Ke-75 Theo Sambuaga dan Peluncuran Buku di Jakarta, Sabtu (23/4/2024).

Terkait dengan kemungkinan mengusung Anies dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Zulhas mengaku pihaknya belum membicarakan hal tersebut.

PAN, kata dia, pada awalnya cenderung mengusulkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

“Kami belum ada waktu lagi untuk bertemu membicarakan perkembangan hal ini,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya