SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo di salah satu lokasi penyelenggaraan KTT Ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/5/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Solopos.com, LABUAN BAJO — PT Angkasa Pura I Persero (AP I) menyiapkan 36 tempat parkir di empat bandara untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023.

Perinciannya, 18 parking stand khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk penempatan pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

AP I menyiapkan tiga bandara pendukung sebagai lokasi parkir pesawat jika diperlukan, yakni Bandara Internasional Lombok dengan enam tempat parkir dengan konfigurasi enam pesawat berbadan sempit.

Pesawat berbadan sempit merupakan pesawat berlorong tunggal yang umumnya digunakan untuk penerbangan dengan jarak dekat-menengah, baik itu penerbangan domestik maupun internasional.

Kemudian, Bandara El Tari Kupang dengan empat tempat parkir dengan konfigurasi dua pesawat berbadan sempit dan dua pesawat berbadan kecil serta Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan delapan tempat parkir dengan konfigurasi delapan pesawat berbadan sempit.

Sedangkan untuk melayani kedatangan delegasi setingkat kepala negara dan/atau pemerintahan, AP I telah menyiapkan Gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dibangun dalam rangka KTT G20 Bali lalu.

Untuk delegasi setingkat menteri akan dilayani melalui Gedung VIP, delegasi biasa melalui terminal internasional serta delegasi yang menggunakan penerbangan sewa dan jet pribadi akan dilayani melalui general aviation terminal (GAT).

“PT Angkasa Pura I siap untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 melalui dukungan infrastruktur bandara untuk melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi peserta KTT serta lokasi parkir pesawat para delegasi, baik itu pesawat kepresidenan maupun delegasi pendukung,” kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi dikutip Solopos.com dari Antara, di Jakarta, Senin (8/5/2023).

Selain dukungan infrastruktur bandara, AP I juga secara khusus mengalokasikan beberapa personel untuk ditugaskan sementara di Bandara Labuan Bajo untuk dukungan operasional dan membantu koordinasi pengaturan pesawat delegasi peserta KTT ASEAN.

“Kami juga telah menayangkan konten publikasi di 192 titik media publikasi di bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura I untuk lebih meningkatkan awareness masyarakat umum dan pengguna jasa bandara mengenai penyelenggaraan KTT ASEAN,” ujar Faik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya