SOLOPOS.COM - Kepala Bea Cukai Makassar Adhi Pramono (Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memanggil Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono karena anaknya pamer harta kekayaan di media sosial.

Nama Andhi Pramono viral di media sosial setelah salah satu akun Twitter menyoroti harta kekayaan miliknya. Berdasarkan video TikTok yang diunggah kembali oleh akun Twitter @PartaiSocmed, Andhi Pramono terlihat memiliki satu unit rumah besar diduga di kawasan Legenda Wisata Cibubur.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Menanggapi hal tersebut, KPK akan memanggil Andhi Pramono, Kepala Bea Cukai Makassar itu untuk kepentingan pemeriksaan dan klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Kita sudah tindaklanjuti dan kita akan lakukan pemeriksaan LHKPN. Kita klarifikasi [juga] terhadap saudara Andhi Pramono, mungkin minggu [pekan] depan kita undang,” ujar Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (8/3/2023).

Pahala juga mengungkap Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sebelumnya telah memberikan laporan hasil analisis (LHA) kepada lembaga antirasuah tersebut.

“Kita bilang LHA PPATK sudah dikirim ke KPK, hasil analisa Maret 2022,” lanjutnya.

Berdasarkan LHKPN 2021  yang dilaporkan kepada KPK, Andhi Pramono Kepala Bea Cukai Makassar itu tercatat memiliki total harta kekayaan senilai Rp13,7 miliar dan sama sekali tanpa utang.

Harta kekayaannya meliputi 15 bidang tanah dan bangunan senilai Rp6,9 miliar, transportasi dan mesin senilai Rp1,8 miliar, harta bergerak lainnya Rp706 juta, kas dan setara kas Rp1,2 miliar, serta surat berharga mencapai Rp2,9 miliar.

Andhi Pramono merupakan dua pejabat Bea Cukai yang disorot publik karena menunjukkan gaya hidup mewah. Sebelumnya, Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto disorot publik lantaran menunjukkan sejumlah motor gede (moge) di media sosial.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawti akhirnya mencopot Eko dari jabatannya.

Kini giliran Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono yang menjadi sorotan publik karena anaknya suka pamer gaya hidup mewah di media sosial.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Viral Harta Kepala Bea Cukai Makassar, KPK Bakal Klarifikasi Andhi Pramono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya