SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, saat berada di Kebumen, beberapa waktu lalu. (Twitter/@ganjar_pranowo).

Solopos.com, JAKARTA — Hasil survei Algoritma Research and Consulting menyebut mayoritas responden atau 76 persen berpendapat negara saat ini bergerak ke arah yang sudah benar.

Mayoritas responden itu mengaku sebagai pendukung bakal capres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sementara responden yang merupakan pendukung Anies Baswedan menyatakan sebaliknya.

Angka 76 persen tersebut terbilang berbanding jauh dengan responden yang merasa bahwa negara bergerak ke arah yang tidak benar, yakni hanya 9,8 persen.

Sementara itu, 6,3 persen menyatakan ragu-ragu dan 7,3 persen lainnya tidak tahu.

“Sekitar 76 persen masyarakat berpendapat bahwa arah negara ini sudah bergerak ke arah yang benar,” kata Direktur Eksekutif Algoritma Research and Consulting, Aditya Perdana dalam rilis survei, Senin (26/6/2023).

Aditya menjelaskan persepsi responden mengenai arah negara berdasarkan preferensi calon presiden (capres).

Dia memerinci pendukung bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo paling banyak yang menyatakan negara bergerak ke arah yang sudah benar.

“Terutama pendukungnya Pak Ganjar, ya, 37,9 persen (menyatakan arah negara) bergerak ke arah yang benar, (pendukung) Pak Prabowo 31,6 (persen menyatakan ke arah yang benar), tetapi (pendukung) Pak Anies cenderung (menyatakan bergerak ke arah) tidak benar,” kata dia.

Survei Algoritma juga menilik tingkat kepuasan atau approval rating terhadap pemerintahan saat ini.

Hasilnya terbilang tinggi, yakni 83,2 persen responden merasa puas.

Sementara responden yang sangat puas adalah 8,7 persen, puas 43,4 persen, dan cukup puas 31,1 persen.

“Secara umum masyarakat itu puas terhadap kinerjanya Pak Jokowi dan relatif tinggi. Bahkan kita menyebutnya sangat tinggi,” imbuh Aditya, seperti dikutip Solopos.com dari Antara. 

Dia menjelaskan kepuasan terhadap kinerja pemerintah berkaitan dengan kondisi penyelenggaraan pemerintahan, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, kebebasan berkeyakinan, infrastruktur, dan sebagainya.

“Dari seluruh aspek yang kami minta pandangan masyarakat, relatif di atas 70 persen merasa sudah baik, terutama pelayanan kesehatan, pendidikan, kebebasan beragama, dan penyediaan infrastruktur,” katanya.

Survei Algoritma Research and Consulting ini dilakukan pada 29 Mei hingga 10 Juni 2023 terhadap 2.009 responden.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner yang dilakukan oleh 109 enumerator.

Hasil survei mewakili pendapat penduduk usia dewasa (usia pilih) secara proporsional dari 34 provinsi. Sementara itu, margin of error dari survei ini adalah ±2,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya