SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas penambangan Newmont di Nusa Tenggara. (Istimewa/www.ptnnt.co.id)

Akuisisi Newmont oleh Grup Medco milik Arifin Panigoro tak akan melibatkan pemerintah.

Solopos.com, JAKARTA — Setelah Arifin Panigoro mengungkapkan rencana akusisi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT), Menteri Koordinasi Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menegaskan pemerintah tidak mencampuri kesepakatan aksi korporasi tersebut.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Rizal Ramli enggan berkomentar banyak tentang rencana itu. Menurutnya, rencana proses akuisisi tersebut disepakati secara business to business (B to B) sehingga tidak ada campur tangan pemerintah di dalamnya.

“Bukan dikasih [pemerintah]. Itu mah business to business,” kata Rizal Ramli seusai pencanangan Gerakan Bersih dan Senyum di Kemenko Kemaritiman dan Sumber Daya, di Jakarta, Kamis (26/11/2015).

Kemarin, Rabu (25/11/2015), bos Medco, Arifin Panigoro, bertandang ke Kementerian Koordinasi Maritim dan Sumber Daya dalam rangka menungkapkan rencananya mengambil alih 76% saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) senilai US$ 2,2 miliar atau sekitar Rp30 triliun. Rencananya, proses akuisisi ditargetkan bisa tuntas pada akhir Desember 2015.

Menanggapi rencana ini, Rizal Ramli antusias dan menyambut baik niat Arifin Panigoro. “Pak Arifin datang, sama aku minta dukungan bagi mau ambil alih 76% saham Newmont,” ujarnya, Rabu.

Salah satu poin pembicaraan keduanya adalah rencana Arifin yang akan mengembangkan tambang Newmont kendati sisa umur cadangan hanya sekitar 5 tahun ke depan. Selain itu, Arifin berjanji akan membangun smelter dan pembangkit listrik untuk mendukung operasional Newmont. Bila ada kelebihan daya, listrik dari pembangkit tersebut akan disalurkan ke penduduk di sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya