SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, BANTUL – Sebanyak 2.169 siswa MI, MTs, dan MA se-Kabupaten Bantul mengikuti Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tingkat Kabupaten tahun 2014 dipusatkan di tiga lokasi MTsN Wonokromo, MAN Wonokromo dan MIN Jejeran Bantul, Sabtu (18/10/2014).

Kepala Kantor Kemenag Bantul Abdul Madjid mengatakan Aksioma menjadi ajang kegiatan mengolak kekuatan jiwa, otot dan otak siswa madrasah dalam mengembangkan kreatifitas dan prestasi serta mutu madrasah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Ajang aksioma ini juga bagian dari proses pembelajaran siswa dalam berekspresi, bertindak sportif serta beraktualisasi diri,” kata Abdul kepada Harianjogja.com, akhir pekan lalu.

Ia menjelaskan semua siswa madrasah turut berkompetisi pada berbagai bidang meliputi seni dan olahraga. Menurutnya, pengembangan potensi dan kreativitas siswa menjadi arah pendidikan yang harus dicapai dalam membentuk watak ataua karakter jujur, tekun, cermat dan berpandangan terbuka. “Ini sekaligus menjadi kami ruang mengapresiasi minat dan bakat prestasi.” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bantul Sri Suryawidati menyampaikan harapan ajang Aksioma harus terus ditingkatkan sebagai tempat membina prestasi siswa di bidang seni dan olahraga. Menurut Bupati mempersipakan generasi tidak saja hanya menanamkan akhlaq karimah tetap generasi yang berwawasan kebangsaan dan NKRI.

Seperti dijelaskan panitia Aksioma dikuti jenjang MI sebanyak 852 siswa, MTs 811 siswa, dan MA 506 siswa. Adapun cabang yang dilombakan meliputi Atletik 100 meter, Atletik 400 meter, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Catur, MTQ, MHQ, MSQ, Kaligrafi, Pidato Bahasa Jawa, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahsa Arab, Paduan Suara dan Hadroh. Para pemenang lomba tingkat kabupaten ini selanjutnya akan mengikuti kejuaraan Aksioma tingkat Dareah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (1/11) yang dipusatkan di MTs N Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya