SOLOPOS.COM - Massa aksi 313 di Bundaran Patung Kuda, Jakarta, Jumat (31/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Fadli Zon mendesak Polri melepaskan Sekjen FUI yang ditangkap menjelang aksi 313.

Solopos.com, JAKARTA — Politikus Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta Polri segera membebaskan Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khaththath yang ditangkap pada Kamis (30/3/2017) malam terkait dugaan permufakatan makar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Fadli Zon mengaku khawatir penangkapan Al-Khaththath akan menjadi upaya memberangus demokrasi. Dengan demikian, katanya, akan kemunduran demokrasi seiring penahanan pria itu di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

“Ya menurut saya harus segera dilepaskan. Kalau tidak ada bukti-bukti, apalagi tuduhannya makar. Jangan seperti pada 212 dulu, tuduhannya makar tapi tidak jelas statusnya,” kata Fadli di Kompleks Parlemen, Jumat (31/3/2017).

Fadli mengatakan bahwa aksi menyampaikan pendapat di muka umum merupakan hak setiap warga negara yang dilindungi. Kalau misalnya ada pelanggaran yang melanggar aturan, katanya, itu baru bisa diterapkan. Dia pun membandingkan kejadian ini dengan penangkapan sejumlah Sri Bintang Pamungkas dkk menjelang aksi 212.

“Tapi sejauh ini yang kita lihat polanya adalah adanya preemptive action. Melalui cara yang sama pada aksi 212, semua orang-orangnya ditangkapi tapi tidak jelas,” ujarnya.

Kendati demikian, dirinya belum mendapatkan kabar dengan adanya penangkapan tersebut. Fadli menyebut polanya hampir sama dengan aksi 212 yang sebelumnya diwarnai penangkapan.

“Ya menurut saya begitu. Saya belum konfirmasi apa betul ada penangkapan, apa tuduhannya, tapi menurut saya kalau dilihat polanya seperti pre-emptive action. Orangnya ditangkap dulu malam sebelum demonstrasi,” ujarnya.

Sebelum ditangkap, pada Kamis (30/3/2017), Al-Khaththath menggelar konferensi pers di Masjid Baiturrahman, Tebet, Jakarta Selatan. Dia disebut memimpin rapat mengenai rencana aksi 313 yang digelar FUI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya