SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika diperkirakan akan terus menguat, rupiah bahkan dapat mencapai Rp 8.500 per dolar pada akhir tahun.

“Kalau BI tidak melakukan intervensi, nilai tukar rupiah bisa mencapai 8.500 per dollarnya di akhir tahun,” jelas Pengamat Perbankan David Sumual, Sabtu (16/10).

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Ia mengatakan, penguatan itu terjadi karena masih derasnya modal asing (inflow) yang masuk ke Indonesia. Bunga yang cukup besar menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor asing.

“Kalau dibanding negara lain, Indonesia cenderung menarik karena menawarkan suku bunga yang tinggi,” jelasnya.

Meski demikian, David mengingatkan pembalikan arus modal secara tiba-tiba bisa saja terjadi. Perlu juga dipikirkan langkah antisipasi agar tidak berdampak buruk bagi perekonomian Indonesia.

“Kalau ada sesuatu misalnya semakin membaiknya perekonomian di Amerika, rupiah bisa saja berbalik arah menjadi melemah. Itu juga perlu dipikirkan langkah antisipasinya,” tegas David.

inilah/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya